CITRA ISLAM DALAM FILM “PADMAVAT” (ANALISIS SEMIOTIK ROLAND BARTHES)

Yuni Utami, NIM.: 15210015 (2019) CITRA ISLAM DALAM FILM “PADMAVAT” (ANALISIS SEMIOTIK ROLAND BARTHES). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (CITRA ISLAM DALAM FILM “PADMAVAT” (ANALISIS SEMIOTIK ROLAND BARTHES))
15210015_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (47MB) | Preview
[img] Text (CITRA ISLAM DALAM FILM “PADMAVAT” (ANALISIS SEMIOTIK ROLAND BARTHES))
15210015_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian Berjudul : Citra Islam Dalam Film Padmavat (Analisis Semiotik Roland Barthes) Perkembangan zaman yang sangat pesat memiliki dampak signifikan terhadap perkembangan teknologi, salah satunya media massa. Film merupakan sebuah media massa yang menjadi alat untuk memuat berbagai macam konsep. Kebangkitan film beberapa tahun terakhir ini menciptakan sebuah paradigma yang berbeda di dunia perfilman khusunya film yang bertemakan Islam. Besarnya minat penonton terhadap film yang mengangkat tentang Islam dikhwatirkan akan menimbulkan pemahaman yang salah terhadap Islam ketika penonton tidak bisa menangkap subtansi film dengan bijaksana. Film Padmavat merupakan film yang mengangkat perseteruan antara sultan kerajaan Islam yang terletak di Delhi dengan ratu Hindu yang berada di benteng Chittor Mehwar. Film ini disutradarai oleh Sanjay Leela Banshali dan ide cerita di ambil dari puisi yang ditulis oleh Malik Muhammad Jayasi. Film ini berisi konsep-konsep ajaran Islam yang dipraktekkan dalam sebuah adegan, dialog, mapun simbol. Ada beberapa konsep Islam yang bertentangan dalam film ini dan menimbulkan kekaburan terhadap makna atau sebuah pesan dari film ini. Latar belakang karya tulis ini beranjak dari sebuah kesadaran bahwa citra Islam mulai terkikis bersamaan dengan kemajuan zaman. Penelitain ini dilakukan dengan tujuan mengetahuai bagaimana citra Islam di tampilkan dalam film Padmavat. Penelitian ini bersifat kualitatif serta mengunakan analisis semiotika model Roland Barthes dan metode yang digunakan adalah deskriptif. Hasil analisis semiotik model Roland Barthes diperoleh bahwa film Padmavat memuat citra positif dan citra negatif sesuai dengan prinsip – prinsip toleransi yang ada pada agama Islam. Setiap scene yang mewakili tidak lepas dari prinsip moral dan etika yang di ajarkan setiap agama, bukan hanya Islam, agama Hindu juga menjunjung tinggi etika dan toleransi, tetapi di dalam film tersebut kebanyakan menyudutkan Islam dan tidak banyak menunjukkan sisi baik yang dimiliki Islam. xii Film ini harus dimaknai dengan jeli agar tidak menimbulkan kesukaran makna. Beberapa adegan dalam film ini menampilkan Islam dekat dengan perzinaan, pelcehan seksual, kekerasan dan keserakahan. Berbading terbalik dengan sejarah kesultan Delhi terhadap apa yang digambarkan dalam film Padmavat, hal ini dapat menjadi penyebab rusaknya citra Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Khoiro Ummatin, S.Ag., M.Si
Uncontrolled Keywords: CITRA ISLAM, FILM
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam (S-2)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 10 Feb 2020 10:35
Last Modified: 10 Feb 2020 10:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35202

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum