PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI PEMIMPIN DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN KERJA GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF BIGARAN BOROBUDUR

ARIF MUHAIMIN, NIM. 14480139 (2019) PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI PEMIMPIN DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN KERJA GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF BIGARAN BOROBUDUR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI PEMIMPIN DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN KERJA GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF BIGARAN BOROBUDUR)
14480139_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA..pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI PEMIMPIN DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN KERJA GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF BIGARAN BOROBUDUR)
14480139_BAB II_S.D._SEBELUM__BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (633kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari informasi tentang peran kepala madrasah sebagai pemimpin dalam meningkatkan disiplin kerja guru dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Subjek penelitian ini meliputi kepala madrasah dan guru, walimurid dan masyarakat. Jenis penelitian ini berupa penelitian studi kasus dengan analisis deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dokumentasi dan dianalisis dengan cara triangulasi serta reduksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala madrasah mempunyai kepribadian yang dapat dicontoh serta mempunyai keahlian dalam meningkatkan disiplin kerja guru. Faktor-faktor yang mendukung meliputi: kesadaran diri guru, suasana kekeluargaan di madrasah, dukungan guru terhadap kebijakan kepala madrasah, masa emas madrasah dan keleluasaan dalam mengelola madrasah. Faktor-faktor yang menghambat meliputi: jumlah guru terbatas, perbedaan status guru, supervisi lemah dan jarak atara rumah guru dengan madrasah yang berjauhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Fitri Yuliawati, M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: kepala madrasah, pemimpin, dan disiplin kerja.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 01 Jul 2019 09:48
Last Modified: 01 Jul 2019 11:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35348

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum