PENGEMBANGAN MEDIA DAKONMATIKA BRAILLE BAGI ANAK TUNANETRA KELAS IV DI SDLB

Arif Mustofa, NIM.: 14480157 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA DAKONMATIKA BRAILLE BAGI ANAK TUNANETRA KELAS IV DI SDLB. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA DAKONMATIKA BRAILLE BAGI ANAK TUNANETRA KELAS IV DI SDLB)
14480157_BAB-I_IV-ATAU-DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA DAKONMATIKA BRAILLE BAGI ANAK TUNANETRA KELAS IV DI SDLB)
14480157_BAB II_SAMPAI_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Peneliti bertujuan untuk (1) Peneliti ini Menghasilkan produk media dakonmatika braille untuk anak tunanetra sebagai media pembelajaran matematika materi FPB dan KPK bagi anak tunanetra kelas IV SDLB (2) Mengetahui kelayakan produk media dakonmatika braille sebagai media pembelajaran matematika untuk siswa kelas IV SDLB. (3) Mengetahui respon siswa terhadap produk media dakonmatika braille sebagai media pembelajaran matematika untuk anak tunanetra khususnya bagi siswa kelas IV di SDLB. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan R&D (Research and Development). Prosedur penyusunan produk media dakonmatika braille yaitu menggunakan 4D yaitu: 1.) tahap Pendefinisian (Define), 2.) Perancangan (Design), 3.) Pengembangan (Development), dan Penyebarluasan (Dessiminate). Produk media dakonmatika braille dinilai oleh ahli materi, ahli media, dan 2 guru SDLB A Yaketunis, peer reviewer (teman sejawat), serta direspon oleh 3 siswa kelas IV SDLB A Yaketunis dan 3 siswa dari SDLB 1 Bantul. Hasil penelitian antara lain: (1) Telah berhasil dikembangkan dakonmatika braille yang berbenuk 3D (Tiga Dimensi) dalam pembelajaran matematika yang merupakan inovasi baru sebagai media pembelajaran matematika. Media ini dibuat untuk siswa berkebutuhan khusus yaitu penyandang tunanetra. Dakonmatika braille ini terdapat 32 buah lubang dan setiap lubang diberikan angka berurutan dan nomor pada setiap lubang akan menggunakan angka braile yang timbul agar dapat dibaca dan biji dakon berupa kerang laut yang telah dikemas dengan kardus, (2) Kelayakan produk ditunjukkan dengan kualitas produk media dakonmatika braille berdasarkan penilaian ahli media adalah sangat baik yang mendapatkan skor 4,42. Berdasarkan penilaian ahli materi adalah sangat baik yang mendapatkan skor 5. Berdasarkan penilaian 2 guru SDLB Yaketunis adalah sangat baik dengan mendapatkan skor 4,29, dan berdasarkan penilaian dari 2 peer reviewer adalah sangat baik dengan mendapatkan skor 4,7. Dengan demikian, produk permainan media dakonmatika braille layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika materi FPB dan KPK untuk siswa kelas IV SDLB (3) Berdasarkan respon dari 6 siswa kelas IV SDLB diperoleh respon positif dengan skor rata-rata 5,5 dan persentase keidealan 73% sehingga permainan dakonmatika braille dapat digunakan sebagai media pada pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sigit Prasetyo, M.Pd.Si.,
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pengembangan, Dakonmatika Braille, Anak Tunanetra, Media Pembelajaran, Pembelajaran Matematika,
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 01 Jul 2019 10:50
Last Modified: 01 Jul 2019 10:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35351

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum