EFEKTIVITAS TADABBUR SURAH AL-INSYIRAH TERHADAP KEBERMAKNAAN HIDUP NARAPIDANA MUSLIMAH DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN PEREMPUAN (LPP) KLAS II B WIROGUNAN YOGYAKARTA

Gita Windi Pangesti, NIM. 14710043 (2019) EFEKTIVITAS TADABBUR SURAH AL-INSYIRAH TERHADAP KEBERMAKNAAN HIDUP NARAPIDANA MUSLIMAH DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN PEREMPUAN (LPP) KLAS II B WIROGUNAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS TADABBUR SURAH AL-INSYIRAH TERHADAP KEBERMAKNAAN HIDUP NARAPIDANA MUSLIMAH DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN PEREMPUAN (LPP) KLAS II B WIROGUNAN YOGYAKARTA)
14710043 BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS TADABBUR SURAH AL-INSYIRAH TERHADAP KEBERMAKNAAN HIDUP NARAPIDANA MUSLIMAH DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN PEREMPUAN (LPP) KLAS II B WIROGUNAN YOGYAKARTA)
14710043 BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan tadabbur surah Al-Insyirah terhadap kebermaknaan hidup pada narapidana muslimah di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Klas II B Wirogunan Yogyakarta. Partisipan pada penelitian ini berjumlah 18 orang yang dibagi kedalam dua kelompok yaitu 9 partisipan kelompok eksperimen dan 9 partisipan pada kelompok kontrol. Desain yang digunakan pada penelitian ini yaitu two group pretest-posttest. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala kebermaknaan hidup yang disusun oleh peneliti. Metode analisis data menggunakan teknik non-parametrik Wilcoxon Signed Ranks Test untuk menguji perbedaan skor data pretest dan posttes pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil analisis pretest-postest menunjukkan skor Z = - 2,675 dengan nilai p sebesar 0,007 (p< 0,05, signifikan). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat kenaikan skor makna hidup pada kelompok ekperimen setelah diberikan pelatihan tadabbur surah Al-Insyirah. Sedangkan hasil uji statistik dengan menggunakan Man Whitney U pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh skor Z = -3, 584 dengan nilai p = 0, 000 (p<0,05, signifikan), hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan skor antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelatihan tadabbur xi surah Al-Insyirah efektif dalam meningkatkan kebermaknaan hidup pada narapidana muslimah di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Klas II B Wirogunan Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pihasniwati, S.Psi, M.A., Psikolog
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Tadabbur, Surah Al-Insyirah, Kebermaknaan Hidup
Subjects: Psikologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Jul 2019 13:43
Last Modified: 04 Jul 2019 13:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35480

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum