Perencanaan Pengendalian Persediaan (Inventory) Bahan Baku pada Proses Produksi Roti Bakpia Salam (UD Salam Group Yogyakarta)

Muamar Hidayat, NIM. 13660026 (2019) Perencanaan Pengendalian Persediaan (Inventory) Bahan Baku pada Proses Produksi Roti Bakpia Salam (UD Salam Group Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Perencanaan Pengendalian Persediaan (Inventory) Bahan Baku pada Proses Produksi Roti Bakpia Salam (UD Salam Group Yogyakarta))
13660026_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (Perencanaan Pengendalian Persediaan (Inventory) Bahan Baku pada Proses Produksi Roti Bakpia Salam (UD Salam Group Yogyakarta))
13660026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Salam Bakery merupakan perusahaan yang bergerak di bidang tata boga yang memproduksi roti kering dengan berbagai varian. Bakpia merupakan jenis roti kering yang memiliki permintaan paling banyak. Sistem produksi yang digunakan perusahaan adalah sistem produksi make to stock. Perusahaan sering kali mengalami kekurangan maupun kelebihan produk, hal ini disebabkan karena permintaan konsumen yang fluktuatif tidak diramalkan sebelumnya oleh perusahaan. Salam Bakery memerlukan adanya sistem perencanaan dan pengendalian persediaan yang baik, salah satu model sistem pengendalian persediaan yang dapat digunakan untuk sistem produksi make to stock yakni Material Requirement Planning (MRP). Penggunaan metode Material Requirement Planning untuk perencanaan persedediaan dengan memperhatikan besarnya unit cost, inventory, lead time, biaya penyimpanan, biaya pemesanan, dan peramalan permintaan untuk periode selanjutnya. Perencanaan disusun berdasarkan pemilihan lot size terbaik yang menghasilkan biaya yang paling optimal, kemudian dapat diketahui jumlah gross reuirement, project on hand, net requirement, planned order receipt dan planned order release. Berdasarkan data dari perusahaan, data hasil wawancara, dan perhitungan maka didapatkan hasil pemilihan lot terbaik yakni Wagner Within Algorithm untuk data hasil ramalan yaitu periode 13 sebanyak 332 kotak bakpia, biaya persediaan yang dikeluarkan untuk bahan baku tepung terigu adalah Rp. 4.811.770, bahan baku gula halus Rp. 1.671.650, bahan baku minyak Rp. 1.837.815 dan bahan baku coklat bubuk Rp. 160.150. Sedangkan total biaya persediaan untuk semua bahan baku sebesar Rp. 8.451.385.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Trio Yonathan Teja Kusuma, S. T., M. T.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Persediaan, Material Requirement Planning, Lot Size.
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 05 Jul 2019 10:05
Last Modified: 05 Jul 2019 10:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35498

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum