FAKTOR KEUANGAN DAN KARAKTERISTIK SUKUK DALAM MEMPREDIKSI PERINGKAT SUKUK

ASMA ARINI HIDAYAH, NIM. 15840074 (2019) FAKTOR KEUANGAN DAN KARAKTERISTIK SUKUK DALAM MEMPREDIKSI PERINGKAT SUKUK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (FAKTOR KEUANGAN DAN KARAKTERISTIK SUKUK DALAM MEMPREDIKSI PERINGKAT SUKUK)
15840074_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR PUSTKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Other (FAKTOR KEUANGAN DAN KARAKTERISTIK SUKUK DALAM MEMPREDIKSI PERINGKAT SUKUK)
15840074_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (856kB)

Abstract

Peringkat sukuk merupakan salah satu faktor penting untuk investor dalam melakukan kegiatan investasi. Peringkat sukuk bertujuan untuk mengetahui kualitas dan risiko yang akan dihadapi oleh investor jika berinvestasi pada sukuk. Dalam memberikan peringkat, suatu lembaga pemeringkat harus memperhatikan beberapa faktor yang dapat mempengaruhi peringkat sukuk, begitu juga dengan investor ketika hendak berinvestasi pada sukuk pasti akan melihat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi peringkat sukuk. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh ukuran perusahaan, likuiditas, solvabilitas, profitabilitas, produktivitas, umur sukuk dan jenis sukuk terhadap peringkat sukuk. Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan metode dokumentasi pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2017. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 12 perusahaan dengan 5 periode, dan jumlah sampel secara keseluruhan yakni 60 sampel perusahaan. Metode pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Alat uji yang digunakan adalah eviews 9, dengan 3 macam pengujian yaitu uji chow, uji hausman, dan Uji LM (Lagrange Multiplier) dalam menentukan model terbaik pada eviews, dan model yang terpilih setelah dilakukan tiga pengujian tersebut adalah random effect model. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan dan produktivitas memiliki pengaruh yang positif terhadap peringkat sukuk. Sementara untuk variabel likuiditas, solvabilitas, profitabilitas, umur sukuk dan jenis sukuk tidak memiliki pengaruh terhadap peringkat sukuk. Keyword: Peringkat Sukuk, Ukuran Perusahaan, Likuiditas, Solvabilitas, Profitabilitas, Produktivitas, Umur Sukuk dan Jenis Sukuk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Abdul Haris, M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Keyword: Peringkat Sukuk, Ukuran Perusahaan, Likuiditas, Solvabilitas, Profitabilitas, Produktivitas, Umur Sukuk dan Jenis Sukuk.
Subjects: Manajemen Keuangan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syari'ah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 08 Jul 2019 13:21
Last Modified: 08 Jul 2019 13:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35552

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum