DETERMINAN TINGKAT PENGANGGURAN TERBUKA DI PROVINSI SUMATERA UTARA (PERIODE 2011-2016)

KARISMULLAH ADDAUROBI BATU BARA, NIM. 14810011 (2019) DETERMINAN TINGKAT PENGANGGURAN TERBUKA DI PROVINSI SUMATERA UTARA (PERIODE 2011-2016). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (DETERMINAN TINGKAT PENGANGGURAN TERBUKA DI PROVINSI SUMATERA UTARA (PERIODE 2011-2016))
14810011_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (DETERMINAN TINGKAT PENGANGGURAN TERBUKA DI PROVINSI SUMATERA UTARA (PERIODE 2011-2016))
14810011_BAB-II_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pengangguran terbuka di Provinsi Sumatera Utara dari tahun 2011 sampai 2016. Provins Sumatera Utara mempunyai tingkat pengangguran terbuka yang cukup tinggi. Dalam penelitian ini faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pengangguran terbuka antara lain yaitu Kependudukan, Kemiskinan, Pertumbuhan Ekonomi, Inflasi, Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Upah Minimum Regional (UMR) dan Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode regresi data panel. Data panel merupakan penggabungan antara data time series dan data cross section, dalam menggunakan regresi data panel model yang layak digunakan untuk estimasi akhir yaitu Fixed Effect Model dari hasil pengujian dengan menggunakan Uji Hausman Test, Uji Chow dan Uji Langrange Multiplier (LM Test). Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa variabel Kependudukan, Pertumbuhan Ekonomi, Inflasi, UMK, TPAK berpengaruh negatif signifikan terhadap tingkat pengangguran terbuka, dan Kemiskinan, IPM berpengaruh positif signifikan terhadap tingkat pengangguran terbuka. Kata Kunci : TPT, Kependudukan, Kemiskinan, Pertumbuhan Ekonomi, Inflasi, Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Upah Minimum Regional (UMR) dan Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Slamet Khilmi, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : TPT, Kependudukan, Kemiskinan, Pertumbuhan Ekonomi, Inflasi, Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Upah Minimum Regional (UMR) dan Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK)
Subjects: Ekonomi Politik
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Feb 2020 09:56
Last Modified: 20 Feb 2020 09:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35567

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum