PERAN MUSEUM SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 5 PAHLAWANKU KELAS IV DI SLB PGRI NANGGULAN KULON PROGO

Ihdiyani Husna, NIM: 12480072 (2019) PERAN MUSEUM SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 5 PAHLAWANKU KELAS IV DI SLB PGRI NANGGULAN KULON PROGO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERAN MUSEUM SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 5 PAHLAWANKU KELAS IV DI SLB PGRI NANGGULAN KULON PROGO)
12480072_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PERAN MUSEUM SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 5 PAHLAWANKU KELAS IV DI SLB PGRI NANGGULAN KULON PROGO)
12480072_BAB-II_SAMPAI_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Ihdiyani Husna, “Peran Museum Sebagai Sumber Belajar IPS Pada Pembelajaran Tematik Tema 5 Pahlawanku Kelas IV di SLB PGRI Nanggulan Kulonprogo”. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Museum merupakan salah satu sumber belajar IPS. Jumlah dan jenis museum di Yogyakarta mendukung untuk penggunaan museum sebagai sumber belajar. Pada Kurikulum 2013 tema 5 pahlawanku, dipilih 2 museum yang mengangkat tema sejarah dan perjuangan. Untuk mengetahui peran museum pada pembelajaran tematik, SLB PGRI Adapun tujuan penelitian ini adalah : mengetahui peran museum sebagai sumber belajar IPS dan faktor pendukung dan kendala pada pembelajaran museum. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan sumber data utama didapatkan dengan pengumpulan data berupa wawancara mendalam, teknik dokumentasi, dan observasi. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah: keadaan siswa dan guru, proses pelaksanaan pembelajaran kelas yaitu di museum, dan hasil wawancara guru dan wali murid, catatan lapangan untuk mencatat keadaan yang terjadi selama proses pembelajaran dan dokumentasi. Hasil penelitian yang di dapat adalah Peran museum sebagai sumber belajar siswa SLB PGRI Nanggulan antara lain : Sebagai sumber ilmu pengetahuan dan siswa mendapatkan sumber belajar secara langsung, sehingga pelajaran yang didapat bertahan lebih lama, Memupuk rasa hormat pada pahlawan dan pendidikan mental, dan sebagai tempat belajar sekaligus rekreasi. Faktor pendukung museum terdiri dari lokasi yang strategis, sedangkan kendala penggunaan museum sebagai sumber belajar antara lain: Waktu Kunjungan yang sesuai dengan tema dan subtema pembelajaran dan museum belum bisa mengakomodir pengunjung dengan beberapa kebutuhan khusus, seperti tuna netra dan tuna daksa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sedya Santosa, SS., M.Pd
Uncontrolled Keywords: peran museum, IPS, pembelajaran tematik, sekolah luar biasa
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 09 Mar 2020 09:17
Last Modified: 09 Mar 2020 09:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36034

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum