EFEKTIVITAS PERMAINAN PUZZLE KOSAKATA TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL MUFRADĀT BAHASA ARAB DI KELAS III SDIT SALSABILA AL-MUTHI’IN YOGYAKARTA

Puspita Nurjannah, NIM.: 14480077 (2019) EFEKTIVITAS PERMAINAN PUZZLE KOSAKATA TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL MUFRADĀT BAHASA ARAB DI KELAS III SDIT SALSABILA AL-MUTHI’IN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PERMAINAN PUZZLE KOSAKATA TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL MUFRADĀT BAHASA ARAB DI KELAS III SDIT SALSABILA AL-MUTHI’IN YOGYAKARTA)
14480077_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PERMAINAN PUZZLE KOSAKATA TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL MUFRADĀT BAHASA ARAB DI KELAS III SDIT SALSABILA AL-MUTHI’IN YOGYAKARTA)
14480077_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Puspita Nurjannah, “Efektivitas Permainan Puzzle Kosakata terhadap Kemampuan Menghafal Mufradāt Bahasa Arab di Kelas III SDIT Salsabila Al-Muthi’in Yogyakarta”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2019. Proses pembelajaran di SDIT Salsabila Al-Muthi’in dalam proses pembelajaran Bahasa Arab peserta didik masih cenderung hanya duduk mendengarkan, menirukan, dan mengerjakan tugas di buku saja. Peserta didik sebagian besar aktif bergerak dan berbicara, tetapi saat proses pembelajaran Bahasa Arab peserta didik terlihat kurang tertarik dan kurang antusias, sehingga terdapat banyak peserta didik yang sibuk bermain sendiri dan membuat kelas menjadi gaduh. Untuk itu, perlu diterapkan suatu hal baru yang dapat menarik perhatian dan antusias peserta didik tanpa mengesampingkan tujuan pembelajaran. Salah satu hal yang menarik dan disukai peserta didik yaitu bermain. Penulis tertarik untuk menerapkan permainan puzzle kosakata agar pembelajaran lebih efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang dilakukan dengan metode eksperimen semu (quasi experimental) dengan desain the nonequivalent control group design. Kedua kelas diberikan pretest, perlakuan, dan posttest. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi data hasil pretest dan posttest. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila hasil rata-rata nilai gain yang dinormalisasi kelompok eksperimen lebih tinggi dari kelompok kontrol. Hasil penelitian antara lain: (1) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata kemampuan menghafal mufradāt kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diterapkan permainan puzzle kosakata (2) Pembelajaran kelas eksperimen yang menggunakan permainan puzzle kosakata lebih efektif dari pada pembelajaran di kelas kontrol dan diinterpretasikan dalam kategori sedang. Dengan begitu, permainan puzzle kosakata ini dapat digunakan untuk menunjang proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nur Hidayat, M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Permainan Puzzle Kosakata, Pembelajaran Mufradāt Bahasa Arab, Kemampuan Menghafal Mufradāt
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 09 Mar 2020 09:21
Last Modified: 09 Mar 2020 09:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36045

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum