TAHFIDZ Al-QUR’AN SEBAGAI UPAYA MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA KELAS IV A MIN 1 YOGYAKARTA

Ana Sulistiana, NIM.: 15480022 (2019) TAHFIDZ Al-QUR’AN SEBAGAI UPAYA MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA KELAS IV A MIN 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (TAHFIDZ Al-QUR’AN SEBAGAI UPAYA MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA KELAS IV A MIN 1 YOGYAKARTA)
15480022_BAB-1_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (TAHFIDZ Al-QUR’AN SEBAGAI UPAYA MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA KELAS IV A MIN 1 YOGYAKARTA)
15480022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Ana Sulistiana, “Tahfidz Al-Qur‟an sebagai Upaya Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Siswa Kelas IV A MIN 1 Yogyakarta”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2019. Latar belakang penelitian ini adalah sekolah bagi manusia adalah sekolah yang bisa menghargai setiap kecerdasan anak. Namun belum tentu anak yang cerdas dan pandai ini berhasil hidupnya, bahkan banyak yang gagal mencapai jabatan yang diinginkan sehingga mereka merasakan sesuatu yang hampa dan kosong. Melihat kondisi tersebut, MIN 1 Yogyakarta memasukkan unsur kecerdasan spiritual dengan mengadakan tahfidz Al-Qur‟an sebagai upaya mengembangkan kecerdasan tersebut. Selain dari alasan tersebut, karena memang dari pengamatan guru, anak yang bisa Al-Qur‟an mereka juga bisa dalam pelajaran. MIN 1 Yogyakarta juga sering diundang dalam lomba-lomba keagamaan, salah satunya adalah tahfidz Al-Qur‟an. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di MIN 1 Yogyakarta. Metode pengumpulan datanya diperoleh dari observasi, wawancara, dokumentasi, serta angket tanggapan siswa. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV A, guru koordinator tahfidz, ustadz-ustadz tahfidz, koordinator dan ustadz muraja‟ah serta guru wali ix kelas IV A MIN 1 Yogyakarta. Untuk teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan adalah analisis data campuran, yaitu analisis non-statistik dan analisis statistik. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pelaksanaan tahfidz Al-Qur‟an di MIN 1 Yogyakarta memiliki 3 tahapan, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. a) Tahap perencanaan tahfidz Al-Qur‟an adalah mengenai target hafalan siswa, jadwal kegiatan siswa, dan pengampu tahfidz. b) Tahap pelaksanaannya menggunakan metode-metode dan materi-materi yang diberikan tidak hanya hafalan namun juga tajwid dan makhraj. Selain itu ada strategi supaya hafalan siswa tidak mudah lupa, yaitu menggunakan muraja‟ah. c) Tahap evaluasi tahfidz adalah pada ujian tahfidznya yang dilaksanakan satu tahun sekali. Puncak dari ujian tahfidz tersebut, siswa yang lulus kemudian diikutkan pada wisuda tahfidz. 2) Pelaksanaan tahfidz Al-Qur‟an di MIN 1 Yogyakarta ternyata dapat memberikan dampak terhadap perkembangan kecerdasan spiritual siswa, yang mana hal tersebut dapat dicermati dengan adanya perubahan pada kejiwaan seseorang yang berpengaruh pada tindakan siswa. Di antara ketercapaian spiritual siswa melalui tahfidz yaitu dekat dengan Allah, tidak memiliki rasa iri maupun sombong, x shidiq atau jujur, amanah, fathonah atau cerdas, tabligh dan istiqomah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nur Hidayat, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Tahfidz Al-Qur’an, Kecerdasan Spiritual
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 09 Mar 2020 09:25
Last Modified: 09 Mar 2020 09:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36050

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum