PENERAPAN MEDIA DRINKING STRAWS DAN KANTONG BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PENJUMLAHAN DUA BILANGAN KELAS I MI MUHAMMADIYAH PONDOK KARANGANOM KLATEN

Aulia Nur Handayani, NIM: 15480028 (2019) PENERAPAN MEDIA DRINKING STRAWS DAN KANTONG BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PENJUMLAHAN DUA BILANGAN KELAS I MI MUHAMMADIYAH PONDOK KARANGANOM KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN MEDIA DRINKING STRAWS DAN KANTONG BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PENJUMLAHAN DUA BILANGAN KELAS I MI MUHAMMADIYAH PONDOK KARANGANOM KLATEN)
15480028_BAB-I_IV-atau_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN MEDIA DRINKING STRAWS DAN KANTONG BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PENJUMLAHAN DUA BILANGAN KELAS I MI MUHAMMADIYAH PONDOK KARANGANOM KLATEN)
15480028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Aulia Nur Handayani, “Penjumlahan Dua Bilangan dengan Media Drinking Straws dan Kantong Bilangan Kelas I MI Muhammadiyah Pondok Karanganom Klaten”, Yogyakarta, Program Studi S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2019. Siswa kelas I MI Muhammadiyah Pondok Karanganom belum mampu mampu menyelesaikan masalah penjumlahan dua bilangan dengan teknik menyimpan. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dan meningkatkan hasil belajar dengan media drinking straws dan kantong bilangan dalam pembelajaran materi penjumlahan dua bilangan kelas I B MI Muhammadiyah Pondok Karanganom Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek siswa kelas I B MI Muhammadiyah Pondok Karanganom Klaten Tahun Ajaran 2018/2019, yang berjumlah 25 siswa. Penelitian ini diadakan dalam 2 siklus yang terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Penelitian ini menggunakan media drinking straws dan kantong bilangan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah RPP, LKPD, pedoman observasi dan wawancara serta dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah dari segi proses kemampuan guru dan siswa aspek yang diamati sebesar 80% atau 7 dari 8 aspek dan dari segi hasil sebesar 80% dari siswa kelas I B atau 20 siswa kelas I B tuntas pada nilai KKM, yaitu 65. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan media drinking straws dan kantong bilangan mampu memudahkan siswa dalam mempelajari materi penjumlahan dua bilangan dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa, ditunjukkan hasil observasi kemampuan guru dan siswa pada siklus I sebesar 87,5% dan pada siklus II sebesar 100% dan 87,5% . Pada segi hasil hasil belajar yang mencapai KKM pada siklus I dan II adalah 68 % dan 84%. Dengan ini penerapan media drinking straws dan kantong bilangan mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas I B MI Muhammadiyah Pondok Karanganom Klaten.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Fitri Yuliawati, M. Pd. Si
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, matematika, media drinking straws dan kantong bilangan.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 09 Mar 2020 09:27
Last Modified: 09 Mar 2020 09:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36054

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum