UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DI MI AL-HUDA KARANGNONGKO DEPOK YOGYAKARTA

MIZANIYA, NIM.: 15480067 (2019) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DI MI AL-HUDA KARANGNONGKO DEPOK YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DI MI AL-HUDA KARANGNONGKO DEPOK YOGYAKARTA)
15480067_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (20MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DI MI AL-HUDA KARANGNONGKO DEPOK YOGYAKARTA)
15480067_BAB-II_SAMPAI_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

MIZANIYA, “Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Di MI Al-Huda Karangnongko Depok Yogyakarta”. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2019. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT yang dapat meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran Matematika kelas IV A di MI Al-Huda Karangnongko Depok Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas dilakukan secara partisipatif dan kolaboratif antara peneliti dengan guru serta subjek penelitian adalah guru dan peserta didik kelas IV A MI Al-Huda Karangnongko Depok Yogyakarta yang berjumlah 28 peserta didik yang terdiri dari 14 laki-laki dan 14 perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif, yakni menggambarkan data dengan menggunakan kalimat untuk memperoleh keterangan yang jelas dan terinci. PTK dilaksanakan dalam dua siklus yakni siklus I dan siklus II. Urutan kegiatan penelitian mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini ditunjukkan dengan dengan adanya peningkatan hasil belajar dengan presentase pada pra-tindakan sebesar 10,71 %, siklus I sebesar 53,57 % serta pada siklus II sebesar 92,86 %. Peningkatan nilai rata-rata hasil tes evaluasi pada pra-tindakan sebesar 55,36 dengan nilai terendah 0 dan nilai tertinggi 80, siklus I sebesar 72,86 dengan nilai terendah 0 dan nilai tertinggi 100 serta pada siklus II sebesar 89,64 dengan nilai terendah 50 dan nilai tertinggi 80 dengan KKM adalah 75. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa setiap siklus mengalami peningkatan pada hasil belajarnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Moh. Agung Rokhimawan, S.Pd., M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, NHT, Pembelajaran Matematika SD/MI.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 10 Mar 2020 08:54
Last Modified: 10 Mar 2020 08:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36064

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum