PERAN GURU DALAM PENGEMBANGAN KEGIATAN SENI TARI ANAK KELAS A2 TK IT SALSABILA AL-MUTHI’IN BANGUNTAPAN, BANTUL, YOGYAKARTA

Pascalu Mita Sari, NIM : 15430027 (2019) PERAN GURU DALAM PENGEMBANGAN KEGIATAN SENI TARI ANAK KELAS A2 TK IT SALSABILA AL-MUTHI’IN BANGUNTAPAN, BANTUL, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU DALAM PENGEMBANGAN KEGIATAN SENI TARI ANAK KELAS A2 TK IT SALSABILA AL-MUTHI’IN BANGUNTAPAN, BANTUL, YOGYAKARTA)
15430027 BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU DALAM PENGEMBANGAN KEGIATAN SENI TARI ANAK KELAS A2 TK IT SALSABILA AL-MUTHI’IN BANGUNTAPAN, BANTUL, YOGYAKARTA)
15430027 BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Pascalu Mita Sari. 15430027. Peran Guru Dalam Pengembangan Kegiatan Seni Tari Kelas A2 di TK IT Salsabila Almuthi’in, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam mengembangkan kreativitas motorik kasar kegiatan seni tari anak kelas A2 di TK IT Salsabila Al-Muthi’in Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif, dengan memberi makna pada data yang telah dikumpulkan dan kemudian ditarik kesimpulan. Selanjutnya untuk penguji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Guru berperan sebagai beberapa peran yang dibutuhkan oleh seorang anak seperti, pengajar, motivator, evaluator, fasilitator, dan aktor. Dimana beberapa peran tersebut menjadi pendampingan utama untuk pengembangan aspek perkembangan kegiatan seni tari anak kelas A2 TK IT Salsabila Al-Muthi’in. 2) Upaya guru yang dilakukan dalam mengembangkan kegiatan seni tari anak, dengan melakukan strategi dan motivasi yang sangat mendukung. 3) Faktor pendukung dan penghambat peran guru dalam mengembangkan kegiatan seni tari anak, faktor pendukungnya yaitu: (a) Fasilitas pembelajaran yang sudah tersedia, (b) Strategi guru dalam mengajar tari pada anak, dan (c) Pendampingan dan Bimbingan guru kepada anak. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: (a) Kurangnya konsentrasi dari anak, (b) kemampuan dari bakat anak yang berbeda-beda, dan (c) Pengaruh emosi anak yang terkadang berubah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Erni Munastiwi, M. M.,
Uncontrolled Keywords: peran guru, kegiatan seni tari, anak usia dini
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 Jul 2019 15:41
Last Modified: 31 May 2023 11:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36107

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum