NILAI-NILAI KARAKTER DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KARAWITAN DI SD NEGERI SENDANGSARI PAJANGAN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Andiyatma Firmansyah, NIM: 13480092 (2019) NILAI-NILAI KARAKTER DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KARAWITAN DI SD NEGERI SENDANGSARI PAJANGAN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI KARAKTER DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KARAWITAN DI SD NEGERI SENDANGSARI PAJANGAN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018)
13480092_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI KARAKTER DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KARAWITAN DI SD NEGERI SENDANGSARI PAJANGAN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018)
13480092_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Andiyatma Firmansyah, “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Ekstrakurikuler Karawitan di SD Negeri Sendangsari Pajangan Bantul”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2018. Pendidikan menjadi garda depan dalam upaya penbentukan karakter manusia Indonesia yang sesungguhnya.Pendidikan sendiri tidak hanya mendidik peserta didiknya untuk menjadi manusia yang cerdas, tetapi juga membangun kepribadiannya agar memiliki rasa cinta tanah air. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan serta nilai-nilai pendidikan karakter dalam ekstrakurikuler karawitan di SD N Sendangsari Pajangan Bantul Yogyakarta. Subjek penelitiannya yaitu kepala sekolah, guru ekstrakurikuler, dan peserta didik yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler karawitan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode reduksi data, penyajian data dan dilanjut dengan verifikasi data. Uji keabsahan data dengan pengamatan yang tekun dan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler karawitan di SD N Sendangsari, menghasilkan nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalamnya. Hasil data observasi dan catatan lapangan, saat bermain gamelan dan menyanyikan tembang-tembang jawa menunjukan nilai- viii nilai yang ada. Ada10 nilai-nilai karakter yang dapat ditanamkan kepada peserta didik melalui ekstrakurikuler karawitan diantaranya adalah nilai keagamaan (religius), nilai kejujuran, nilai kedisiplinan, nilai kerja keras, nilai kreatif, nilai kemandirian, nilai cinta tanah air, nilai menghargai prestasi, nilai komunikatif, dan nilai tanggung jawab. Adapun faktor pendukung berasal dari peserta didik dan sarana prasarana, yaitu antusias peserta didik serta dukungan dari orang tua peserta didik dan fasilitas yang tersedian berupa seperangkat gamelan karawitan yang ada. Sedangkan faktor penghambat, yaitu waktu latihan yang sangat minim. Kata kunci : Pendidikan Karakter, Ekstrakurikuler, Karawitan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Sedya Santosa, SS., M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Ekstrakurikuler, Karawitan
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 12 Mar 2020 08:37
Last Modified: 12 Mar 2020 08:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36186

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum