PENGGUNAAN STRATEGI GALLERY OF LEARNING GUNA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MATA PELAJARAN FIKIH KELAS V MI AL-IMAN TAMBAKREJO TEMPEL SLEMAN

Agustina Dwi Rahayu, NIM: 14480124 (2019) PENGGUNAAN STRATEGI GALLERY OF LEARNING GUNA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MATA PELAJARAN FIKIH KELAS V MI AL-IMAN TAMBAKREJO TEMPEL SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN STRATEGI GALLERY OF LEARNING GUNA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MATA PELAJARAN FIKIH KELAS V MI AL-IMAN TAMBAKREJO TEMPEL SLEMAN)
14480124_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN STRATEGI GALLERY OF LEARNING GUNA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MATA PELAJARAN FIKIH KELAS V MI AL-IMAN TAMBAKREJO TEMPEL SLEMAN)
14480124_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Agustina Dwi Rahayu, “Penggunaan Strategi Pembelajaran Gallery of Learning Guna Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Mata Pelajaran Fikih Kelas V MI Al-Iman Tambakrejo”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Pembelajaran Fikih dewasa ini masih memiliki problematika, salah satunya asalah masih menggunakan metode ceramah. Kebanyakan guru mengajar dengan metode ceramah sehingga siswa merasa bosan. Hal ini juga terjadi di MI Al-Iman Tambakrejo, guru mata pelajaran Fikihnya masih menggunakan metode ceramah saja. Hal ini menyebabkan motivasi dan hasil belajar kognitif mata pelajaran Fikihnya masih rendah. Dari strategi pembelajaran yang ada, peneliti menggunakan startegi pembelajaran Gallery of Learning. Gallery of Learning merupakan strategi yangg melibatkan banyak aktifitas siswa, sehingga kesan yang didapatkan siswa tentang materi pelajaran lebih kuat, yang pada akhirnya dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan observasi, serta refleksi. Kriteria keberhasilam dalam penelitian tindakan strategi pembelajaran Gallery of Learning dalam mata pelajaran Fikih kelas V MI Al-Iman Tambakrejo adalah 75% siswa mampu mencapai nilai di atas atau sama dengan nilai KKM (≥75) dan meningkatkan nilai rata-rata kelas. Hasil penelitian pada mata pelajaran Fikihkelas V MI Al-Iman Tambakrejo Sleman adalah sebagai berikut: pertama, peningkatan atau perbaikan kualitas pembelajaran pada siklus I sebesar 76,73% dan siklus II sebesar 80,38% dengan rata-rata 78,56%; artinya, perbaikan kualitas pembelajaran secara berkesinambungan berhasil. Kedua, peningkatan motivasi belajar pada siklus I sebesar 76,43%, dan siklus II sebesar 80,63%, dengan rata-rata 78,53%; artinya, terjadi perbaikan motivasi belajar secara beraturan dan berhasil. Ketiga, hasil belajar kognitif pada siklus I rata-ratanya adalah 80,71 dengan ketuntasan 71,43% dan pada siklus II rata-rata yang diperoleh adalah 81,25 dengan ketuntasan 87,50%. Dengan nilai rata-rata 81,25 berhasil melampaui KKM yaitu 75, dan dengan ketuntasan 87,50% telah berhasil melampaui indikator minimal yaitu 75%. Penelitian tindakan kelas ini menyimpulkan bahwa penggunaan strategi gallery of learning dalam pembelajaran dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran Fikih. Kata kunci : gallery of learning, motivasi, hasil belajar, fikih.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Mohamad Agung Rokhimawan, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: gallery of learning, motivasi, hasil belajar, fikih.
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 12 Mar 2020 08:38
Last Modified: 12 Mar 2020 08:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36191

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum