PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP SIKAP DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA MI MA’ARIF SUCEN LOR SUCEN SALAM MAGELANG

Eka Rofius Saputri, NIM: 15480031 (2019) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP SIKAP DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA MI MA’ARIF SUCEN LOR SUCEN SALAM MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP SIKAP DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA MI MA’ARIF SUCEN LOR SUCEN SALAM MAGELANG)
15480031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP SIKAP DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA MI MA’ARIF SUCEN LOR SUCEN SALAM MAGELANG)
15480031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Eka Rofius Saputri, “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Sikap Disiplin Dan Tanggung Jawab Belajar Siswa MI Ma’arif Sucen Lor, Sucen, Salam , Magelang”. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. Siswa MI Ma’arif Sucen Lor memiliki kesadaran yang rendah terhadap sikap disiplin dan tanggung jawab belajar. Guru telah berupaya dengan menerapkan beberapa peraturan supaya siswa memiliki sikap disiplin dan tanggung jawab terhadap belajarnya. Sehingga diperlukan adanya kerja sama antara pihak sekolah dengan orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh orang tua, pola asuh manakah yang memiliki pengaruh lebih terhadap sikap disiplin dan tanggung jawab beajar, serta apakah terdapat perbedaan pengaruh pola asuh yang signifikan terhadap sikap disiplin dan tanggung jawab belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif non eksperimen. Penelitian ini menggunakan angket sebagai alat pengumpulan data. Angket untuk mengumpulkan data pola asuh orang tua, sikap disiplin belajar, dan sikap tanggung jawab belajar. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 64 orang tua wali dan 64 siswa namun ada satu siswa yang tidak berangkat sehingga menjadi 63 sampel. Analisis data yang digunakan adalah ANOVA satu jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh orang tua dengan pola otoriter sebesar 40%, pola permisif sebesar 30%, dan pola demokratis sebesar 30%. Pola asuh orang tua yang lebih berpengaruh terhadap sikap disiplin belajar Siswa MI Ma’arif Sucen Lor adalah pola asuh orang tua otoriter lebih berpengaruh dibandingkan pola asuh orang tua permisif dan demokratis. Pola auh orang tua yang lebih berpengaruh terhadap sikap tanggung jawab belajar siswa pola asuh otorierlebih berpengaruh dibandingkan pola asuh orang tua permisif dan demokratis. Berdasarkan hasil uji ANOVA satu pada tabel ANOVA sikap disiplin belajar didapatkan hasil F sebesar 1,548 < 3,150 (Fhitung > Ftabel) maka dinyatakan tidak signifikan. Sedangkan hasil pada tabel sig sebesar 0,221 > 0,05 maka Ha di tolak atau tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara pengaruh pola asuh orang tua otoriter, permisif, dan demokratis terhadap sikap disiplin belajar siswa. Berdasarkan hasil uji ANOVA satu jalur pada tabel ANOVA sikap tanggung jawab belajar didapatkan hasil F sebesar 0,955 < 3,150 (Fhitung > Ftabel) maka dinyatakan tidak signifikan. Sedangkan hasil pada tabel sig sebesar 0,391 > 0,05 maka Ha di tolak atau tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara pengaruh pola asuh orang tua otoriter, permisif, dan demokratis terhadap sikap tanggung jawab belajar siswa. Kata kunci: Pola asuh orang tua, sikap disiplin belajar, sikap tanggung jawab belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Aninditya Sri Nugraheni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pola asuh orang tua, sikap disiplin belajar, sikap tanggung jawab belajar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Mar 2020 09:59
Last Modified: 13 Mar 2020 09:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36198

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum