MAKNA KHATAMAN AL-QUR'AN DALAM ZIARAH MAKAM (Studl Makna Simbollk Pengkhataman ai-Qur'an Bagi Peziarah Makam Datu Ampar Di Desa Pangbatok Kec. Proppo, Kab. Pamekasan Madura)

MUH.AZHARI, NIM: 01530640 (2006) MAKNA KHATAMAN AL-QUR'AN DALAM ZIARAH MAKAM (Studl Makna Simbollk Pengkhataman ai-Qur'an Bagi Peziarah Makam Datu Ampar Di Desa Pangbatok Kec. Proppo, Kab. Pamekasan Madura). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MAKNA KHATAMAN AL-QUR'AN DALAM ZIARAH MAKAM (Studl Makna Simbollk Pengkhataman ai-Qur'an Bagi Peziarah Makam Datu Ampar Di Desa Pangbatok Kec. Proppo, Kab. Pamekasan Madura))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (MAKNA KHATAMAN AL-QUR'AN DALAM ZIARAH MAKAM (Studl Makna Simbollk Pengkhataman ai-Qur'an Bagi Peziarah Makam Datu Ampar Di Desa Pangbatok Kec. Proppo, Kab. Pamekasan Madura))
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

"Khataman al-Qur'an" yang dilakukan oleh para peziarah di makam auliyi' Batu Ampar diyakini sebagai aktivitas yang bemilai ibadah (al-muta'abbadu bi tiliwatih1), dan juga dipandang sebagai simbol substansial yang dapat memberi arti penting dalam dimensi spritualitas mereka dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah SWT. Di samping itu, terdapat makna-makna simbolik dibalik ritual khataman yang mereka lakukan. Penelitian ini bertujuan untuk memahami makna­ makna di batik ritual pengkhataman al-Qur'an yang dilakukan para peziarah makam Batu Ampar. Folrus penelitian ini mencakup 1). Apa saja aktivitas peziarah di makam Batu Amapar? . 2). Bagaimana latar belakang tingkat pemahaman keagamaan para peziarah makam Batu Ampar?. 3). Apa makna­ makna ziarah dan khataman al-Qur'an bagi para peziarah makam Batu Ampar?. Penelitian ini merupakanfle/d research yang menggunakan data kualitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh dari basil observasi-partisipasi, interview dan dokumentasi. Analisa yang digunakan adalah Analisis deskriptif. Sebagai landasan teori, peneliti menggunakan teori yang digagas oleh Geertz dalam memahami makna kebudayaan. Teori ini dikenal dengan istilah "tafsir budaya simbolik", yakni sebuah penafsiran kebudayaan yang memaparkan konfigurasi atau sistem simbol yang bermakna secara mendalam dan menyeluruh ("thick description'). Hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa aktivitas para peziarah di makam Batu Ampar adalah tahli/an dan dilanjutkan munijit (memohon) kepada Allah, dan ada juga yang mengkhatamkan al-Qur'an. Para pgi_arah yang mengkhatamkan ini terdiri dari dua kategori . Pertama adalah mereka yang tidak begitu mengerti tujuan dan alasan mengkhatamkan al-Qur'an, mereka hanya mengikuti saran-saran yang dianjurkan kyai. Kedua, mereka yang mengerti tujuan melakukan khataman sesuai dengan apa yang di onse ikannya sendiri.__ Mayoritas mereka ini berasal dari kalangan lsi tradision . Makna-makna ziarah bagi mereka adalah untuk mengenang jasa-jasa '11 makam Batu Ampar. Ziarah ini, bagi mereka dipandang mampu menumbuhkan kesadaran untuk tunduk dan patuh kepada Allah. Di samping itu, ziarah makam adalah untuk mengingatkan diri akan kehidupan akhirat. Semen&k:'h an yang dilakukan para peziarah ini memiliki beberapa makna simbo . ertama, khataman al­ Qur'an dimaknai sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah. Kedua adalah untuk m pahala khataman al-Qur'an kepada au/iyi' makam Batu Ampar. Ketiga merupakan bentuk pengungkapan simbolis untuk menjadikan khataman al-Qur'an sebagai peran tuk memperoleh berkah Allah melalui au/iyi' tersebut. IJIS"amPftig itu, khataman merupakan bentuk ungkapan simbolis untuk memohon kepada Allah agar diberikan kemudahan dan keberhasilan apa yang menjadi keinginannya Keempat, khataman bagi mereka dimaknai sebagai aktivitas yang memberikan ketenangan jiwa dan mampu meredam kegelisahan diri dalam menjalani permasalahan-permasalahan hidup yang sedang dihadapinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Inayah Rohmaniah, S.Ag, M.Hum, MA
Uncontrolled Keywords: KHATAMAN AL-QUR'AN, ZIARAH MAKAM
Subjects: Tafsir Hadist
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Tafsir Hadist (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 13 Aug 2019 11:42
Last Modified: 13 Aug 2019 11:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36326

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum