PENGAJARAN BAHASA ARAB DlMADRASAH TSANA WIYAH ROUDLOTUSYSYUBBAN TAWANGREJO WINONG PATI (Tinjauan Metodologi)

Muhamad Anis, NIM. 9942 4529 (2004) PENGAJARAN BAHASA ARAB DlMADRASAH TSANA WIYAH ROUDLOTUSYSYUBBAN TAWANGREJO WINONG PATI (Tinjauan Metodologi). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGAJARAN BAHASA ARAB DlMADRASAH TSANA WIYAH ROUDLOTUSYSYUBBAN TAWANGREJO WINONG PATI (Tinjauan Metodologi))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGAJARAN BAHASA ARAB DlMADRASAH TSANA WIYAH ROUDLOTUSYSYUBBAN TAWANGREJO WINONG PATI (Tinjauan Metodologi))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (728kB)

Abstract

Penelitian yang berjudul Pengajaran bahasa Arab di MTs. Roudlotusysyubban Tawangrejo Winong Pati (tinjauan metodologi) adalah bertujuan untuk mengetahui metode apa saja yang digunakan oleh guru bahasa Arab da\am proses belajar mengajar bahasa Arab di MTs Roudlotusysyubban, dan untuk mengetahui bagaimana pendekatan yang digunakan dalam pemilihan metode tersebut, serta untuk mengetahui konsistensi atau relevansi antara pemilihan metode dengan pendekatan yang digunakan. Dalam penelitian ini menggunakan- beberapa metode yang mencakup beberapa hal, antara lain yaitu : Metode penentuan subjek, Metode Pengumpulan Data ( Observasi, Interview, Angket, Dokumentasi, dan metode Test). Metode Analisa Data yang digunakan yaitu 1).analisa data kualitatif (suatu analisa data non statistik, data yang terkumpul diuraikan dalam bentuk tulisan secara sistematis dan analisa data kuantitatif secara Induktif yaitu berangkat dari fakta-fakta atau peristiwa-peristiwa yang khusus kongkrit kemudian ditarik generalisasi yang bersitat umum dan deduktif yaitu berangkat dari pengetahuan yang bersifat umum untuk menilai suatu fakta yang atau peristiwa yang bersitat khusus. 2). Metode Analisa Data Kuantitatif, metode ini digunakan untuk menganalisa data dengan cara mendeskripsikan data kedalam bentuk angka-angka untuk mencari presentase dengan deskreptif analisis melalui statistik sederhana Metode analisa data kualitatif digunakan untuk mengolah data dari hasil interview dan dokumentasi (sepanjang tidak mengandung nilai kuantitatit). Metode analisa data digunakan untuk menganalisa data dari hasil angket untuk siswa dan hasil tes belajar bahasa Arab siswa.angka-angka untuk mencari presentase dengan deskreptif analisis melalui statistik sederhana. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah bahwa metode yang digunakan dalam pengajaran bahasa Arab di Mts.Roudlotusysyubban adalah metode tarjamah (metode translation), Pendekatan yang digunakan oleh guru dalam pemilihan metode tersebut adalah pendekatan berdasarkan asumsi bahwa belajar bahasa hanya bisa cepat melalui penterjemahan. 'Adanya relevansi yang cukup baik antara pemilihan metode dengan pendekatan yang digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Muallif Sahlani
Uncontrolled Keywords: Pengajaran bahasa arab
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 02 Sep 2019 14:50
Last Modified: 02 Sep 2019 14:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36477

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum