TAREKAT DAN TRADISI LOKAL (Studi Kasus Tarekat Syattariyah di Desa Setono Kecamatan Ngrambe Kabupaten Ngawi Tahun 1996-2018 M)

Ahmad Syafi’i Mufadzilah R, S.Hum., NIM. 1520510027 (2019) TAREKAT DAN TRADISI LOKAL (Studi Kasus Tarekat Syattariyah di Desa Setono Kecamatan Ngrambe Kabupaten Ngawi Tahun 1996-2018 M). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TAREKAT DAN TRADISI LOKAL (Studi Kasus Tarekat Syattariyah di Desa Setono Kecamatan Ngrambe Kabupaten Ngawi Tahun 1996-2018 M))
1520510027_BAB I_BAB V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (TAREKAT DAN TRADISI LOKAL (Studi Kasus Tarekat Syattariyah di Desa Setono Kecamatan Ngrambe Kabupaten Ngawi Tahun 1996-2018 M))
1520510027_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Tarekat sebagai ordo ajaran tasawuf merupakan salah satu proses jalur Islamisasi di Nusantara yang dilakukan oleh para sufi. Proses islamisasi tersebut enimbulkan terjadinya dialog antara terkat dan kebudayaan Jawa (tradisi lokal). Proses awal dialog memunculkan kompromi antara nilai atau simbol agama (ajaran terkat) yang masuk terhadap kebudayaan asal sehingga menghasilkan bentuk kolaboratif tradisi. Karakteristik ajaran tarekat yang akomodatif mampu menyikapi berbagai praktek kebudayaan Jawa yang menyebabkan keduanya terjadi kontak budaya. Tarekat Syattariyah di Setono merupakan salah satu dari beberapa tarekat yang mengalami kontak dengan kebudayaan Jawa. Penganut tarekat yang mayoritas orang Jawa secara tidak langsung akan berkutat di antara dua arus utama pedoman kehidupan yaitu ajaran tarekat di satu sisi dan tradisi Jawa di sisi lainya. Penelitian ini termasuk kajian sejarah dan budaya. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan sejarah dan antropologi. Pendekatan sejarah digunakan untuk mendeskripsikan hal-hal yang melatarbelakangi adanya akulturasi budaya yang terjadi pada Tarekat Syattariyah dan tradisi lokal. Pendekatan antropologi digunakan untuk melihat sikap akulturatif tarekat terhadap tradisi lokal. para pengikut tarekat yang mayoritas bersuku Jawa secara tidak langsung berpegang terhadap adat istiadat setempat. Sudut pandang pemikiran tersebut dianalisis melalui proses transformasi budaya menurut Koentjaraningrat. Konsep tranformasi sendiri merujuk pada perubahan bentuk dengan tidak menghilangkan unsur lamanya. Metodologi kajian ini menggunakan metodologi penelitian sejarah. Data diperoleh melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara kepada mursyid, murid Tarekat Syattariyah dan masyarakat Desa Setono. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan sejak tahun 2016 sampai 2019 secara bertahap. Hal ini dilakukan guna melihat proses perkembangan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat di Setono. Hasil penelitian menjelaskan karakteristik tradisi di Setono. Tradisi-tradisi di Setono merupakan hasil transformasi ajaran tarekat dan adat istiadat masyarakat Jawa. Proses transformasi budaya menghasilkan perubahan bentuk makna dan isi yang diwujudkan dalam beberapa tradisi yaitu pertama penentuan kalener yaitu perpaduan antara kalender Saka dengan Kalender Islam Jawa (Kurup Asapon) menghasilkan kalender Huruf. Kedua upacara daur hidup, dipaparkan pada upacara brokohan, upacara selamatan pernikahan (midodareni) dan kematian. Tiga upacara tersebut waktu pelaksanaan serta benda-benda yang digunakan tetap disesuaikan dengan adat Jawa, akan tetapi ritus simbol sesembahan doa diganti dengan ajaran dzikir Tarekat syattariyah. Ketiga, pada upacara hari-hari besar Islam dipaparkan dalam beberapa tradisi yaitu tradisi ruwahan (ruwatan) dan bodo kopat (syawalan).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. H. Dudung Abdurahman, M.Hum
Uncontrolled Keywords: Transformasi Budaya, Tarekat Syattariyah, Tradisi lokal Setono
Subjects: TASAWUF > Tareqoh / Tarekat
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 17 Dec 2019 09:57
Last Modified: 17 Dec 2019 09:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37028

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum