MENGEMBANGKAN EMOTIONAL QUOTIENT (EQ) DAN SPIRITUAL QUOTIENT (SQ) PADA KELAS V DI SD NEGERI CEBONGAN

Ineke Rahmawati, NIM : 15480030 (2019) MENGEMBANGKAN EMOTIONAL QUOTIENT (EQ) DAN SPIRITUAL QUOTIENT (SQ) PADA KELAS V DI SD NEGERI CEBONGAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (MENGEMBANGKAN EMOTIONAL QUOTIENT (EQ) DAN SPIRITUAL QUOTIENT (SQ) PADA KELAS V DI SD NEGERI CEBONGAN)
15480030_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (MENGEMBANGKAN EMOTIONAL QUOTIENT (EQ) DAN SPIRITUAL QUOTIENT (SQ) PADA KELAS V DI SD NEGERI CEBONGAN)
15480030_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan pendidikan karakter di Indonesia tak ada ujungnya, Sebuah video tengah viral di Indonesia memperlihatkan seorang guru honorer yang bernama Kalim dianiaya oleh peserta didiknya sendiri,bermula ketika peserta didik merokok di kelas dan Kalim berusaha menegurnya. Tak terima teguran, sang guru peserta didik menganiaya dengan memegang leher seperti mencekik dan juga menoyor kepala gurunya sendiri. Kasus penganiayaan guru oleh peserta didiknya tak hanya tejadi kali ini saja, penganiayaan Kalim adalah salah satu yang terjadi diawal tahun 2019. Berdasarkan permasalahan ini maka peneliti melakukan penelitian. Dengan tujuan untuk mengetahui Pelaksanaan Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Pramuka guna Mengembangkan Emotional Quotient (EQ) dan Spiritual Quotient (SQ) Pada Kelas V di SD Negeri Cebongan. Penelitian ini merupakan penelitian jenis field research atau penelitian lapangan kualitatif yang dilakukan di SD Negeri Cebongan Mlati Sleman DIY.Pengambilan data dilakukan untuk menganalisis Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Pramuka Guna Mengembangkan Emotional Quotient (EQ) dan Spiritual Quotient (SQ) Pada Kelas V di SD Negeri Cebongan.. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini, yakini data primer dan data skunder. Triangulasi data digunakan sebagai teknik pengecekan keabsahan data. Teknik analisis data digunakan sebagai pengumpulan data, reduksi data dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya Penanaman Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Pramuka Guna Mengembangka Emotional Quotient (EQ) dan Spiritual Quotient (SQ) Pada Kelas V di SD Negeri Cebongan, Penanaman Karakter melalui Kegiatan Pramuka guna Mengembangkan EQ dan SQ ini telah tertera pada buku panduan Syarat Kecakapan Umum Pramuka Penggalang dan dikuatkan dengan hasil penelitian peneliti. Seperti saat observasi Kegiatan Pramuka sebagai berikut: (1) Baris- berbaris melatih kedisiplinan peserta didik yang mampu mengembangkan EQ,(2) Kemah melatih tanggung jawab dan mandiri viii peserta didik mampu mengembangkan EQ dan SQ peserta didik , (3) Tali temali melatih kekreatifan dan rasa ingin tahu peserta didik yang mampu mengembangkan EQ peserta didik dengan hal – hal yang ada di lingkungannya dan kegiatan lainya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. Asnafiyah, M. Pd. sebagai
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Kegiatan Pramuka, Emotional Quotient (EQ) dan Spiritual Quotient (SQ)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 07 Jan 2020 13:50
Last Modified: 07 Jan 2020 13:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37259

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum