IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL MELALUI PROGRAM JAVA’S DAY SETIAP KAMIS WAGE DI MI ISLAMIYAH CANDI BANDAR BATANG JAWA TENGAH

Nur Khabibah, NIM.: 15480036 (2019) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL MELALUI PROGRAM JAVA’S DAY SETIAP KAMIS WAGE DI MI ISLAMIYAH CANDI BANDAR BATANG JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL MELALUI PROGRAM JAVA’S DAY SETIAP KAMIS WAGE DI MI ISLAMIYAH CANDI BANDAR BATANG JAWA TENGAH)
15480036_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL MELALUI PROGRAM JAVA’S DAY SETIAP KAMIS WAGE DI MI ISLAMIYAH CANDI BANDAR BATANG JAWA TENGAH)
15480036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal pada program Java’s Day di MI Islamiyah Candi Bandar Batang Jawa Tengah/ Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif karena memberikan gambaran tentang permasalahan melalui analisis dengan menggunakan pendekatan ilmiah sesuai dengan keadaan sebenarnya yaitu untuk mendapatkan deskripsi atau gambaran umum tentang implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal melalui program Java’s Day setiap Kamis Wage di MI Islamiyah Candi Bandar Batang Jawa Tengah. Data dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yakni data primer dan data sekunder. Dalam proses pengumpulan data, penelitian ini menggunakan tiga metode yaitu, observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Triangulasi data digunakan sebagai teknik pengecekan data. Teknik analisis data yang digunakan dalam peneltian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal program Java’s Day bertujuan untuk menumbuhkan nilai- nilai karakter berbasis kearifan lokal dibagi menjadi tiga tahapan, yaitu perencanaan program, pelaksanaan program, dan evaluasi program. Tahap perencanaan dilakukan dengan mengadakan musyawarah guru Madrasah Ibtidaiyah se kecamatan Bandar, dilanjutkan dengan memberikan surat undangan sosialisasi program dan surat edaran ketentuan seragam adat yang digunakan. Pelaksanaan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal melalui program Java’s Day mendayagunakan komponen madrasah dengan kepala madrasah menjadi penanggung jawab utama program. Guru kelas menjadi pelaksana, pembimbing, serta pengawas pada masing-masing kelas yang diampunya. Strategi pelaksanaannya yaitu dengan mewajibkan peserta didik memakai busana adat Jawa tengah, menggunakan bahasa Jawa yang sesuai unggah-ungguh dalam berkomunikasi, mengajarkan peserta didik berbagai permainan tradisional, tembang dolanan anak, serta keterampilan yang bersifat kedaerahan. Kegiatan monitoring dan evaluasi program telah dilaksanakan dalam rapat guru, namun belum terjadwal secara khusus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Sedya Santosa, SS., M. Pd.,
Uncontrolled Keywords: Implementasi, pendidikan karakter, kearifan lokal, Java’s Day.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 07 Jan 2020 14:04
Last Modified: 07 Jan 2020 14:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37261

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum