HUBUNGAN MINAT MEMBACA DENGAN KETERAMPILAN BERCERITA PADA SISWA KELAS V DI SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN

Wulan Syarifatunnujum Isk, NIM : 15480059 (2019) HUBUNGAN MINAT MEMBACA DENGAN KETERAMPILAN BERCERITA PADA SISWA KELAS V DI SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN MINAT MEMBACA DENGAN KETERAMPILAN BERCERITA PADA SISWA KELAS V DI SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN)
15480059_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN MINAT MEMBACA DENGAN KETERAMPILAN BERCERITA PADA SISWA KELAS V DI SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN)
15480059_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (791kB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah seberapa besar minat membaca siswa kelas V di Sekolah Dasar Islam Terpadu Salsabila 3 Banguntapan, bagaimana keterampilan bercerita siswa kelas V di Sekolah Dasar Islam Terpadu Salsabila 3 Banguntapan dan adakah hubungan antara minat membaca dengan keterampilan bercerita pada siswa kelas V di Sekolah Dasar Islam Terpadu Salsabila 3 Banguntapan. Minat membaca di masa sekarang sudah mulai di lupakan oleh perkembangan zaman dan kemudahan. Salah satu manfaat dari minat membaca adalah dari keterampilan bercerita. Siswa yang mempunyai minat membaca tinggi dan masuk dalam kategori baik, karena mempunyai kosakata dan pengetahuan yang luas, akan bisa menceritakan banyak hal dari buku yang sudah di baca. Mempunyai keterampilan bercerita yang baik sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Cara bercerita menentukan pandangan lawan berbicara apakah dia bisa membuat lawan bicara tertarik untuk menyimak apa yang diceritakan atau membuat lawan bicara merasa bosan ketika berada disampinnya. Hal ini akan berpengaruh pada cara bergaul dan lingkungan pertemanan yang akan tercipta di kemudian hari. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif desain penelitian yang dipilih adalah analisis deskriptif korelasional. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara serta observasi. Populasi pada penelitian ini sebanyak 119 siswa, sampel yang di gunakan dalam penelitian ini berjumlah 48 siswa dari setiap kelas V di Sekolah Dasar Islam Terpadu Salsabila 3 Banguntapan yang artinya setiap kelas diambil 12 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment. Adapun uji prasyarat yang digunakan adalah normalitas, uji liniearitas, uji korelasi product moment dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa minat membaca siswa kelas V di Sekolah Dasar Islam Terpadu Salsabila 3 Banguntapan termasuk dalam kategori baik, yaitu pada interval kelas 85 - 100 dengan skor rata-rata 92.5. Sedangkan untuk variabel keterampilan bercerita termasuk dalam kategori cukup baik, yaitu pada interval kelas 17 – 19 dengan skor rata-rata 19.58. Dari hasil uji korelasi product moment diketahui bahwa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Aninditya Sri Nugraheni, S.Pd., M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Minat Membaca, Keterampilan Bercerita, Penelitian Kuantitatif
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 09 Jan 2020 07:46
Last Modified: 09 Jan 2020 07:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37285

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum