PENGARUH GAYA BELAJAR MODEL FELDER-SILVERMAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS V MI AL-HUDA KARANGNONGKO

Dhini Cahyaningrum, NIM.: 15480071 (2019) PENGARUH GAYA BELAJAR MODEL FELDER-SILVERMAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS V MI AL-HUDA KARANGNONGKO. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGARUH GAYA BELAJAR MODEL FELDER-SILVERMAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS V MI AL-HUDA KARANGNONGKO)
15480071_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH GAYA BELAJAR MODEL FELDER-SILVERMAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS V MI AL-HUDA KARANGNONGKO)
15480071_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (501kB)

Abstract

Latar belakang masalah ini adalah banyak siswa yang belum mengetahui gaya belajarnya dan begitupun juga guru wali kelas tersebut. Guru kelas menggunakan metode yang biasa digunakan yang mana metode tersebut bisa jadi tidak sesuai dengan gaya belajar anak yang akan mempengaruhi prestasi belajarnya. Gaya belajar yang dipakai yaitu model Felder-Silverman yang terbagi menjadi empat dimensi, yaitu dimensi pemrosesan (aktif dan reflektif), dimensi input (visual dan verbal), dimensi persepsi (sensitif dan intuitif) dan dimensi pemahaman (sekuensial dan global). Prestasi belajar siswa diukur dengan menggunakan nilai rata-rata akhir raport. Oleh karena itu perlu diadakannya penelitian tentang pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar pada siswa kelas V MI Al-Huda Karangnongko. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V MI Al-Huda Karangnongko dan sampel penelitiannya setengah dari kelas V A dan setengah dari kelas V B. Alat ukur yang digunakan yaitu angket yang sudah tersedia di aplikasi Sokolite Database Gaya Belajar Siswa tentang gaya belajar Felder-Silverman. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas instrumen gaya belajar siswa yaitu 30 pertanyaan dinyatakan valid dan 12 pertanyaan dinyatakan tidak valid sedangkan reliabilitasnya sebesar 0,809 dan instumen dinyatakan reliabel. Analisis data yang digunakan berupa analisis regresi berganda. Sebelum itu dilakukan uji prasyarat terlebih dahulu yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh antara gaya belajar model Felder Silverman dengan prestasi belajar pada siswa kelas V MI Al-Huda Karangnongko.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rohinah, S.Pd.I, M.A.
Uncontrolled Keywords: Gaya Belajar, Prestasi Belajar, Dimensi
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 09 Jan 2020 08:51
Last Modified: 09 Jan 2020 08:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37292

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum