STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGEMUKAKAN PENDAPAT PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IVB DI SD NEGERI CEBONGAN TAHUN AJARAN 2018/2019

Rafinda Larashati, NIM: 15480096 (2019) STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGEMUKAKAN PENDAPAT PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IVB DI SD NEGERI CEBONGAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGEMUKAKAN PENDAPAT PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IVB DI SD NEGERI CEBONGAN TAHUN AJARAN 2018/2019)
15480096_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGEMUKAKAN PENDAPAT PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IVB DI SD NEGERI CEBONGAN TAHUN AJARAN 2018/2019)
15480096_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu kelas di SD Negeri Cebongan dalam proses pembelajaran siswa banyak yang menyepelekan, berbicara sendiri dan malu dalam mengemukakan pendapat, baik bertanya atau menjawab pertanyaan dari guru. Ini terjadi pada kelas IVB, masih banyak siswa yang kurang aktif dan berani dalam mengemukakan pendapat. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti dalam penelitian menerapkan strategi pembelajaran Everyone is a Teacher here. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan peningkatan siswa dalam mengemukakan pendapat dalam pembelajaran tematik kelas IVB di SD Negeri Cebongan tahun ajaran 2018/2019. Dalam penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus dengan dua pertemuan. Data yang diperoleh dari penelitian ini berupa hasil observasi keberanian siswa dalam mengemukakan pendapat yang diperoleh dari lembar pengamatan yang diisi oleh peneliti pada tahap pelaksanaan tindakan dan data di peroleh dari wawancara. Pada penelitian ini hasil yang didapatkan sebelum melakukan penelitian, peneliti melaksanakan perencanaan dengan kerja sama dalam membuat RPP dan instrumen penelitian. Pada pelaksanaannya guru melakukan langkah-langkah sesuai dengan RPP, yakni membagikan kartu indeks kepada siswa, siswa menuliskan pertanyaan, siswa diminta maju secara sukarela, dan apabila siswa tidak dapat menjawab maka siswa lain menanggapinya. Pada pra tindakan menghasilkan skor sebesar 354 dengan persentase sebesar 38,81%. Hasil pada siklus 1 menunjukkan skor 393 rata-rata siswa dalam mengemukakan pendapat sebesar 43,09% dengan kategori “cukup” dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan skor sebesar 657 persentase sebesar 72,03% dengan kategori “baik”. Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan strategi Everyone is a Teacher Here dapat meningkatkan siswa dalam mengemukakan pendapat khususnya pada pembelajaran tematik dalam pembelajaran bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Aninditya Sri Nugraheni, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Aktif, strategi Everyone is a Teacher Here, dan Keberanian Berpendapat
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 10 Jan 2020 09:37
Last Modified: 10 Jan 2020 09:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37323

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum