PENGARUH MODEL WORD SQUARE TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS I SD MUHAMMADIYAH 1 WONOPETI GALUR KULON PROGO YOGYAKARTA

Tusy Setiawati, NIM: 15480097 (2019) PENGARUH MODEL WORD SQUARE TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS I SD MUHAMMADIYAH 1 WONOPETI GALUR KULON PROGO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL WORD SQUARE TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS I SD MUHAMMADIYAH 1 WONOPETI GALUR KULON PROGO YOGYAKARTA)
15480097_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL WORD SQUARE TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS I SD MUHAMMADIYAH 1 WONOPETI GALUR KULON PROGO YOGYAKARTA)
15480097_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (629kB)

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh kesulitan membaca pada siswa kelas I SD. Berangkat dari permasalah tersebut peneliti hendak melakukan penelitian menggunakan model word square. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah pengaruh model Word Square terhadap kemampuan membaca pada pembelajaran tematik siswa kelas I SD Muhammadiyah 1 Wonopeti, (2) seberapa besar sumbangan pengaruh model Word Square terhadap kemampuan membaca siswa kelas I SD Muhammadiyah 1 Wonopeti pada pembelajaran tematik. Jenis penelitian adalah quasi eksperiment dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif mencakup setiap jenis penelitian yang didasarkan atas perhitungan persentase, rata-rata, dan perhitungan lainnya, dengan kata lain penelitian ini menggunakan perhitungan angka dan kuantitas. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest posttest yaitu eksperimen kelompok tunggal dengan pra dan pasca tes. Desain penelitian ini dilaksanakan tanpa menggunakan kelompok kontrol. Desain/rancangan penelitian kelompok tunggal dengan pra dan pasca tes ini dilakukan dengan memberikan pretest pada subjek kemudian diberikan perlakuan berupa model Word Square. Setelah diberikan perlakuan beberapa hari kemudian diberikan posttest. Uji prasyarat yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data dilakukan dengan uji hipotesis berupa statistik nonparametrik berupa uji wicoxon. Hasil penelitian pengaruh model word square yaitu: (1) model word square berpengaruh terhadap kemampuan membaca siswa kelas I SD Muhammadiyah 1 Wonopeti. Dibuktikan dengan hasil uji t wilcoxon yang dilakukan dengan bantuan software SPSS 16.0, bahwa Sig.(2-tailed) hasil uji t signifikansi dengan nilai sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 berarti H0 ditolak dan Ha diterima, terdapat pengaruh perlakuan model word square terhadap kemampuan membaca pada pembelajaran tematik di kelas I SD Muhammadiyah 1 Wonopeti. (2) model word square memberikan sumbangan pengaruh sebesar 62,3 % terhadap kemampuan membaca. Dibuktikan dengan nilai R Square sebesar 62,3% hal tersebut dapat diartikan bahwa model word square memberikan pengaruh terhadap kemampuan membaca pada pembelajaran tematik di kelas I SD Muhammadiyah 1 Wonopeti. Sisa dari sumbangan pengaruh sebesar 37,7 % diperoleh dari faktor seperti guru menggunakan bahasa lisan secara jelas, guru menumbuhkan keceriaan dalam pembelajaran, sarana dan prasarana yang memadai, serta kondisi lingkungan yang mendukung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. M. Jamroh Latief, M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Membaca, Model Pembelajaran, Word Square
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 10 Jan 2020 09:42
Last Modified: 10 Jan 2020 09:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37324

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum