UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS III DI SDIT UKHUWAH ISLAMIYAH KALASAN YOGYAKARTA

Zahroh Isni’ul Inna, NIM.: 15480099 (2019) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS III DI SDIT UKHUWAH ISLAMIYAH KALASAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS III DI SDIT UKHUWAH ISLAMIYAH KALASAN YOGYAKARTA)
15480099_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS III DI SDIT UKHUWAH ISLAMIYAH KALASAN YOGYAKARTA)
15480099_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (948kB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas III SDIT Ukhuwah Islamiyah Kalasan Yogyakarta, (2) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas III SDIT Ukhuwah Islamiyah Kalasan Yogyakarta, (3) Bagaimana hasil pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan membaca Al- Qur’an siswa kelas III SDIT Ukhuwah Islamiyah Kalasan Yogyakarta. Desain penelitian ini adalah deskriptif kualitatif karena memberikan gambaran tentang permasalahan melalui analisis dengan menggunakan pendekatan ilmiah sesuai dengan keadaan sebenarnya yaitu untuk mendapatkan deskripsi atau gambaran umum tentang Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas III di SDIT Ukhuwah Islamiyah Kalasan Yogyakarta. Dalam proses pengumpulan data, penelitian ini menggunakan tiga metode, yaitu, observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa: 1) Upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas III meliputi: a) menentukan tujuan yang ingin di capai, b) menentukan materi yang disampaiakan, c) penerapan metode, d) bersikap sabar dan telaten, e) pemanfaatan sumber belajar, f) pemberian motivasi, g) waktu yang memadai, h) mengadakan evaluasi. 2) Faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas III meliputi a) faktor pendukung terdapat dua faktor yaitu internal adalah faktor guru dan peserta didik sedangkan faktor eksternal adalah adanya kepedulian orang tua dalam pembelajaran, sarana dan prasarana. b)faktor penghambat terdapat dua faktor yaitu internal adalah faktor guru dan peserta didik sedangkan faktor eksternal adalah lingkungan dan viii teman bermain. 3) Hasil pembelajaran membaca Al-Qur’an siswa kelas III yaitu pembelajaran Ummi merupakan pembelajaran yang menyenangkan dan santai, tetapi karena setiap siswa mempunyai karakteristik yang berbeda-beda maka hasil dari program yang di targetkan tidak terlihat signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Mangun Budiyanto, M.SI
Uncontrolled Keywords: Upaya, Peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 10 Jan 2020 09:49
Last Modified: 10 Jan 2020 10:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37325

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum