HUBUNGAN PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT DENGAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS III B MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 YOGYAKARTA

Fifi Aris Wulandari, NIM.:15480102 (2019) HUBUNGAN PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT DENGAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS III B MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT DENGAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS III B MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 YOGYAKARTA)
15480102_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT DENGAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS III B MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 YOGYAKARTA)
15480102_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap sistem guru memberikan reward dan punishment yang ada di kelas III B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan tingkat pemberian reward wali kelas III B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Yogyakarta dalam pembelajaran, (2) mendeskripsikan tingkat pemberian punishment wali kelas III B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Yogyakarta dalam pembelajaran, (3) mendeskripsikan tingkat kedisiplinan siswa Kelas III B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Yogyakarta dalam pembelajaran, (4) menguji secara empiris hubungan antara pemberian reward dengan kedisiplinan siswa Kelas III B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Yogyakarta dalam pembelajaran, (5) menguji secara empiris hubungan antara pemberian punishment dengan kedisiplinan siswa Kelas III B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Yogyakarta dalam pembelajaran. (6) menguji secara empiris hubungan pemberian reward dan punishment secara bersama-sama dengan kedisiplinan siswa Kelas III B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Yogyakarta dalam Pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas rendah yaitu kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 siswa dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif statistik, analisis korelasi product moment, dan analisis korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pemberian reward wali kelas III B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Yogyakarta termasuk kategori sedang. (2) Pemberian punishment wali kelas III B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Yogyakarta termasuk dalam kategori sedang. (3) Kedisiplinan siswa III B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Yogyakarta termasuk dalam kategori sedang. (4) Tidak ada hubungan yang positif antara pemberian reward dengan kedisiplinan siswa kelas III B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Yogyakarta (rx1y = 0,286, p = 0,63 > 0,05). (5) Terdapat hubungan yang positif antara pemberian punishment dengan kedisiplinan siswa kelas III B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Yogyakarta (rx2y = 0,366, p = 0,023 < 0,05). (6) Tidak ada hubungan antara pemberian reward dan punishment secara bersama-sama dengan kedisiplinan siswa (F hitung = 2,437, F tabel = 3,32, F hitung < F tabel).Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap sistem guru memberikan reward dan punishment yang ada di kelas III B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan tingkat pemberian reward wali kelas III B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Yogyakarta dalam pembelajaran, (2) mendeskripsikan tingkat pemberian punishment wali kelas III B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Yogyakarta dalam pembelajaran, (3) mendeskripsikan tingkat kedisiplinan siswa Kelas III B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Yogyakarta dalam pembelajaran, (4) menguji secara empiris hubungan antara pemberian reward dengan kedisiplinan siswa Kelas III B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Yogyakarta dalam pembelajaran, (5) menguji secara empiris hubungan antara pemberian punishment dengan kedisiplinan siswa Kelas III B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Yogyakarta dalam pembelajaran. (6) menguji secara empiris hubungan pemberian reward dan punishment secara bersama-sama dengan kedisiplinan siswa Kelas III B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Yogyakarta dalam Pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas rendah yaitu kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 siswa dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif statistik, analisis korelasi product moment, dan analisis korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pemberian reward wali kelas III B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Yogyakarta termasuk kategori sedang. (2) Pemberian punishment wali kelas III B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Yogyakarta termasuk dalam kategori sedang. (3) Kedisiplinan siswa III B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Yogyakarta termasuk dalam kategori sedang. (4) Tidak ada hubungan yang positif antara pemberian reward dengan kedisiplinan siswa kelas III B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Yogyakarta (rx1y = 0,286, p = 0,63 > 0,05). (5) Terdapat hubungan yang positif antara pemberian punishment dengan kedisiplinan siswa kelas III B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Yogyakarta (rx2y = 0,366, p = 0,023 < 0,05). (6) Tidak ada hubungan antara pemberian reward dan punishment secara bersama-sama dengan kedisiplinan siswa (F hitung = 2,437, F tabel = 3,32, F hitung < F tabel).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sri Purnami, S.Psi.MA selaku
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan, Pemberian reward, dan Pemberian punishment
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 13 Jan 2020 08:32
Last Modified: 13 Jan 2020 08:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37346

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum