EFEKTIVITAS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI KUBUS DAN BALOK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V MI AL IHSAN MEDARI TAHUN AJARAN 2018/2019

Urip Meilina Kurniawati, NIM: 15480104 (2019) EFEKTIVITAS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI KUBUS DAN BALOK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V MI AL IHSAN MEDARI TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img] Text (EFEKTIVITAS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI KUBUS DAN BALOK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V MI AL IHSAN MEDARI TAHUN AJARAN 2018/2019)
15480104_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI KUBUS DAN BALOK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V MI AL IHSAN MEDARI TAHUN AJARAN 2018/2019)
15480104_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan efektivitas antara Contextual Teaching and Learning dan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan efektivitas Contextual Teaching and Learning dan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain non equivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas yaitu Contextual Teaching and Learning dan variabel terikat yaitu kemampuan berpikir kritis peserta didik. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas V MI AL Ihsan Medari Sleman. Sampel penelitiannya yaitu semua populasi penelitian (kelas VA dan kelas VB). Kelas VA sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan dengan menggunakan pembelajaran konvensional dan kelas VB sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan menggunakan Contextual Teaching and Learning. Instrumen dalam penelitian ini adalah wawancara dengan guru, pretest dan posttest kemampuan berpikir kritis, RPP Contextual Teaching and Learning dan pembelajaran konvensional, dan lembar kerja peserta didik (LKPD). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Mann Whitney dan uji N-gain Score. Analisi data dilakukan dengan bantuan software SPSS 23 dan Miscrosoft Excel. Hasil penelitian membuktikan bahwa Contextual Teaching and Learning lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. uji T Independent Sampels Test N-gain N-gain yang telah dilakukan diperoleh data bahwa nilai Sig. adalah sebesar 0,000 lebih kecil dari< 0,05, dan nilai rata-rata N-gain kelas kontrol 32,77 % termasuk kategori tidak efektif serta nilai rata-rata N-gain kelas eksperimen 56,01% termasuk kategori cukup efektif. Maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan efektivitas yang signifikan antara penggunaan Contextual Teaching and Learning dengan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Iwan Kuswidi, M.Sc.,
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran Konvensional.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 13 Jan 2020 09:09
Last Modified: 13 Jan 2020 09:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37350

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum