MEMBERDAYAKAN MAHASISWA DIFABEL DI PERGURUAN TINGGI ISLAM (Studi Terhadap Pusat Studi dan Layanan Difabel UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)

ETI ROHAETI NIM: 05470012, (2010) MEMBERDAYAKAN MAHASISWA DIFABEL DI PERGURUAN TINGGI ISLAM (Studi Terhadap Pusat Studi dan Layanan Difabel UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (MEMBERDAYAKAN MAHASISWA DIFABEL DI PERGURUAN TINGGI ISLAM (Studi Terhadap Pusat Studi dan Layanan Difabel UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta))
BAB I, IV.pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview
[img] Text (MEMBERDAYAKAN MAHASISWA DIFABEL DI PERGURUAN TINGGI ISLAM (Studi Terhadap Pusat Studi dan Layanan Difabel UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (157kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pusat studi dan layanan Difabel UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sebagai sebuah lembaga otonom yang mempunyai konsentrasi dalam isu-isu difabel dan memberikan layanan kepada mahasiswa difabel UIN Sunan Kalijaga. Sebagai lembaga pendidikan inklusif, UIN Sunan Kalijaga memberikan berbagai kebijakan dalam memberdayakan mahasiswa difabel untuk menciptakan lingkungan kampus yang aksessibel dan ramah difabel serta multikukltural. Fokus permasalahan penelitian ini adalah bagaimanakah konsep pemberdayaan yang dilakukan oleh Pusat Studi dan Layanan Difabel UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam memberdayakan mahasiswa difabel, bagaimana praktek pemberdayaan itu dan dilakukan, dan faktor-faktor yang menghambat dan mendukung pemberdayaan mahasiswa difabel. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam tentang pemberdayaan mahasiswa difabel UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang dilakukan oleh Pusat Studi dan Layanan Difabel. Penelitian ini menggunakan model penelitian lapangan (field research) yang bermaksud untuk mempelajari secara intensif tentang latar belakang, keadaan sekarang, dan suatu interaksi sosial, individu, kelompok, lembaga, dan masyarakat. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, mengikuti paradigma penelitian kualitatif yang dilakukan terhadap variable mandiri, yaitu tanpa membuat pembanding atau menghubungkan dengan variable yang lain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep pemberdayaan yang dilakukan oleh Pusat Studi dan Layanan Difabel UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta terhadap mahasiswa difabel, praktek pemberdayaan yang dilakukan, dan faktor pendukung dan penghambat pemberdayaan adalah:1) berdasar pada konsep enyadaran, pengorganisasian, dan pelatihan terhadap mahasiswa difabel. 2) praktek pemberdayaan yang dilakukan adalah dengan berbagai pelatihan, kegiatan dan pelayanan yang diberikan kepada mahasiswa difabel, seperti: training, workshop, jaringan kerjasama, dan lain-lain. 3) Faktor-Faktor yang menjadi penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan praktek pemberdayaan bagi mahasiswa difabel: faktor penghambat yaitu kurangnya pengalaman difabilitas,kurangnya minat dari sebagian mahasiswa difabel, belum mempunyai standar manajemen yang memadai dan faktor pendukung yaitu terdapat perekrutan relawan (pendampingan), kelengkapan sarana dan prasarana yang aksesibel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Muh.Agus Nuryanto, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Mahasiswa Difabel, Pendampingan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 14 Aug 2012 21:53
Last Modified: 17 Mar 2017 09:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3752

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum