EFEKTIVITAS PERJODOHAN TERHADAP PEMBENTUKAN KELUARGA SAKINAH DALAM ACARA GOLEK GARWO (STUDI DI KECAMATAN SEWON, KABUPATEN BANTUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2019)

RIZKY ARDIANSYAH HASIBUAN, NIM: 15350018 (2019) EFEKTIVITAS PERJODOHAN TERHADAP PEMBENTUKAN KELUARGA SAKINAH DALAM ACARA GOLEK GARWO (STUDI DI KECAMATAN SEWON, KABUPATEN BANTUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2019). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PERJODOHAN TERHADAP PEMBENTUKAN KELUARGA SAKINAH DALAM ACARA GOLEK GARWO (STUDI DI KECAMATAN SEWON, KABUPATEN BANTUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2019))
15350018_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PERJODOHAN TERHADAP PEMBENTUKAN KELUARGA SAKINAH DALAM ACARA GOLEK GARWO (STUDI DI KECAMATAN SEWON, KABUPATEN BANTUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2019))
15350018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Ajang cari jodoh merupakan salah satu alternatif terbaik untuk mendapatkan pasangan hidup. Di Indonesia banyak sanggar biro jodoh yang di dirikan untuk memfasilitasi masyarakat dalam menemukan jodohnya, Salah satunya berada di Daerah Istimewa Yogyakarta yaitu Forum Ta`aruf Indonesia (FORTAIS). FORTAIS memiliki acara Golek Garwo yaitu ajang cari jodoh. Acara ini diadakan setiap bulan di minggu ketiga, guna untuk membantu masyarakat baik dari kalangan muda maupun tua untuk mencapatkan jodohnya. Sejak berdiri dari tahun 2011, ajang Golek Garwo sudah berhasil menjodohkan sekitar 7.400 pasang. Dalam kajian ini, penyusun tertarik untuk meneliti kehidupan rumah tangga para alumni Golek Garwo yang berhasil dijodohkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas perjodohan terhadap kehidupan rumah tangga para alumni Golek Garwo. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research), penelitian ini dilakukan di rumah-rumah para alumi Golek Garwo. Dilihat dari sifatnya, penelitian ini termasuk penelitian deskriptif-analitik, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mendeskrispsikan, mencatat dan menganalisis pendapat para alumni Golek Garwo tentang perjodohan. Metode pengumpulan data dari penelitian ini didapatkan dari wawancara dengan para alumni Golek Garwo, observasi dan dokumentasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan normatif (Hukum Islam) dan teori efektivitas. Hasil penelitian ini adalah bahwa mayoritas para alumni Golek Garwo sepakat bahwa faktor agama dalam memilih jodoh juga merupakan dasar utama dalam menentukan pasangan hidup. Meskipun demikian banyak faktor-faktor pendukung lain yang dapat menentukan jodoh, seperti harta atau finansial, pendidikan dan jabatan, akan tetapi para alumni Golek Garwo sepakat bahwa faktor agama yang harus diutamakan dalam menentukan jodoh. Para alumni Golek Garwo juga bersepakat bahwa perjodohan sangat efektif dalam membentuk keluarga sakinah (harmonis).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. ABU BAKAR ABAK
Uncontrolled Keywords: Perjodohan, Golek Garwo. Efektivitas
Subjects: Hukum Islam > Fiqih > Pernikahan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 21 Jan 2020 13:41
Last Modified: 21 Jan 2020 13:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37533

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum