METODE MONTESSORI DALAM PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 DI SD HOLISTIK ISLAM TERPADU AWLIYA KOTA CIREBON

Yuriska Dewi Suwarno Putri, NIM : 17204080020 (2019) METODE MONTESSORI DALAM PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 DI SD HOLISTIK ISLAM TERPADU AWLIYA KOTA CIREBON. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (METODE MONTESSORI DALAM PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 DI SD HOLISTIK ISLAM TERPADU AWLIYA KOTA CIREBON)
17204080020_BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (METODE MONTESSORI DALAM PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 DI SD HOLISTIK ISLAM TERPADU AWLIYA KOTA CIREBON)
17204080020_BAB II-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana implementasi, integrasi, dan nilai-nilai yang dapat dikembangkan dari hasil pembelajaran yang menggunakan metode Montessori, serta mengetahui tanggapan orang tua siswa mengenai perkembangan buah hatinya yang belajar menggunakan metode Montessori. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan objek penelitian metode Montessori dan nilai-nilai yang dikembangkan dalam Kurikulum 2013. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan keabsahan data diuji melalui triangulasi teknik dan sumber. Adapun teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) bahwa implementasi metode Montessori yang dilaksanakan di SD Holistik Islam Terpadu Awliya khususnya dalam pencapaian nilai-nilai tujuan pendidikan Nasional pada peserta didik sudah diterapkan dengan baik dan sesuai dengan prinsip-prinsip Montessori dalam proses pelaksanaannya dan juga sesuai dengan perkembangan anak usia sekolah. (2) Jika dilihat dari prinsip yang ada pada Kurikulum 2013, metode Montessori dirasa sudah memenuhi semua prinsip-prinsip Kurikulum 2013. Integrasi metode Montessori dalam pembelajaran Kurikulum 2013 dapat memenuhi pencapaian kompetensi peserta didik. (3) Dengan metode Montessori, peserta didik dapat tumbuh sesuai dengan masa perkembangannya dan tertanam nilai-nilai kehidupan sebagai bekal mereka di masa yang akan datang. Berikut ini nilai-nilai yang dapat dikembangkan dari implementasi metode Montessori: toleransi, religius, peduli lingkungan, peduli sosial, kerjasama, mandiri, disiplin, kreatif, berpikir kritis, jujur, percaya diri, tanggung jawab, sabar, menghargai orang lain, dan problem solving. Pengembangan nilai-nilai positif melalui metode Montessori pada dasarnya memberi sumbangan yang cukup besar pada perkembangan dan pendidikan karakter individual peserta didik agar dapat berkembang sesuai dengan tingkat pertumbuhannya baik usia maupun psikologisnya. Kata kunci: Metode Montessori, Kurikulum 2013

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Suyadi, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Metode Montessori, Kurikulum 2013
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 05 Jun 2020 06:33
Last Modified: 05 Jun 2020 06:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37769

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum