PERKEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN TAHUN 1994-2013 DI MADRASAH IBTIDAIYAH (Analisis Scope dan Sequence Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kurikulum 1994, 2004, 2006, 2013)

Samsul Arifin, NIM. 17204080036 (2019) PERKEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN TAHUN 1994-2013 DI MADRASAH IBTIDAIYAH (Analisis Scope dan Sequence Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kurikulum 1994, 2004, 2006, 2013). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PERKEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN TAHUN 1994-2013 DI MADRASAH IBTIDAIYAH (Analisis Scope dan Sequence Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kurikulum 1994, 2004, 2006, 2013))
17204080036_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (PERKEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN TAHUN 1994-2013 DI MADRASAH IBTIDAIYAH (Analisis Scope dan Sequence Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kurikulum 1994, 2004, 2006, 2013))
17204080036_BAB-II_sampai_BAB-III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara teoritis scope materi kurikulum PPKn di madrasah Ibtidaiyah tahun 1994, 2004, 2006, 2013 serta Sequence materi kurikulum PPKn di Madrasah Ibtdaiayah tahun 1994, 2004, 2006, 2013. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat penelitian kepustakaaan (library research) dengan menggunakan pendekatan sejarah. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah dokumentasi dan telaah literatur. Adapun teknik analisis data, peneliti menggunakan metode analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Scope/ruang lingkup materi PPKn dalam kurikulum 1994 mencakup nilai, moral, dan norma serta nilai-nilai spiritual bangsa Indonesia dan perilaku yang diharapkan terwujud dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sebagaimana dimaksud dalam P4. Scope kurikulum 2004 (KBK), mencakup persatuan bangsa dan negara, nilai dan norma (agama, kesusilaan, kesopanan dan hukum), Hak Asasi Manusia, Kebutuhan hidup warga negara, kekuasaan dan politik, masyarakat demokratis, Pancasila dan konstitusi negara, globalisasi. Dalam kurikulum 2006 Scope mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk pendidikan dasar mencakup aspek-aspek, Persatuan dan Kesatuan bangsa, Norma, hukum dan peraturan, Hak asasi manusia, Kebutuhan warga negara, Konstitusi Negara, Kekuasan dan Politik, Pancasila, dan Globalisasi. Dalam kurikulum 2013 Scope/ruang lingkup materi mencakup Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhineka x Tunggal Ika. Kedua, Sequence atau Urutan logis materi PPKn di MI pada kurikulum 1994 sampai 2013 pada kelas adalah menggambarkan sesuai dengan isi Ruang Lingkup materi yang sudah masing-masing tercantum, rinciannya ditentukan dalam setiap catur wulan pada 1994 dan dua semester 2004, 2006, dan 2013. Urutan Materi pembahasan dalam mata pelajaran PPKn juga disesuaikan dengan urutan logis, psikologis dan hierarki dalam perkembangan peserta didik dari kelas 1, sampai kelas 6. Kata Kunci: kurikulum PPKn, scope dan sequence

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Erni Munastiwi
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: kurikulum PPKn, scope dan sequence
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 05 Jun 2020 13:48
Last Modified: 05 Jun 2020 13:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37775

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum