STRATEGI TAMAN BACA MASYARAKAT OMAH BUKU KOSMASARI DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA MASYARAKAT DI DESA KARANGSARI KECAMATAN CLUWAK KABUPATEN PATI

SAIFUL ANWAR, NIM :12720021 (2019) STRATEGI TAMAN BACA MASYARAKAT OMAH BUKU KOSMASARI DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA MASYARAKAT DI DESA KARANGSARI KECAMATAN CLUWAK KABUPATEN PATI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (STRATEGI TAMAN BACA MASYARAKAT OMAH BUKU KOSMASARI DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA MASYARAKAT DI DESA KARANGSARI KECAMATAN CLUWAK KABUPATEN PATI)
12720021_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI TAMAN BACA MASYARAKAT OMAH BUKU KOSMASARI DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA MASYARAKAT DI DESA KARANGSARI KECAMATAN CLUWAK KABUPATEN PATI)
12720021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR..pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Gerakan dalam usaha meningkatkan minat baca dewasa ini terus mengalami perubahan. Ada pepatah mengatakan bahwa“Buku adalah Jendela Dunia” dengan membaca akan mendapatkan informasi pengetahuan yang berguna bagi individu maupun lingkungan. Maka, tidak mengherankan adalah minat baca merupakan suatu akses untuk menuju masa depan yang sukses. Sementara minat baca bukan bawaan dari lahir, melainkan proses tumbuh-kembang seseorang. Untuk itu, proses gerakan dalam usaha menyebar-luaskan motivasi minat baca perlu digalakkan dalam usaha menuju masa depan yang sukses. Strategi dalam meningkatkan minat baca menjadi intisari dari penelitian ini dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah TBM Omah Buku Kosmasari, yang terletak di Desa Karangsari, Kec. Cluwak, Kab. Pati. Tujuannya yaitu ingin mengetahui strategi yang digunakan oleh TBM Omah Buku Kosmasari dalam meningkatkan minat baca masyarakat, serta mengetahui kendala yang dihadapi TBM Omah Buku terhadap upaya meningkatkan minat baca. Selanjutnya, strategi dalam usaha meningkatkan minat baca masyarakat dianalasis dengan menggunakan teori Struktural Fungsional oleh Talcott Parsons melalui teori AGIL. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh TBM Omah Buku Kosmasari dalam meningkatkan minat baca melalui pendekatan Struktural, Kultural serta pendampingan kepada anak-anak. Pendekatan struktural meliputi silaturahim serta kerjasama dengan Tokoh Pendidikan, Tokoh Masyarakat, FGD dengan Pemerintah Desa Karangsari. Pendekatan kultural meliputi pengajian umum, pengobatan kesehatan gratis serta bakti sosial. Pendekatan pendampingan anak meliputi kegiatan belajar bersama pada malam hari dengan materi B. Inggris, Matematika, Komputer, story telling, permainan tradisional (Bentengan dan Gobak Sodor), belajar Menari serta bermain Angklung. Kendala yang dihadapi meliputi pemahaman masyarakat terhadap pendidikan, kondisi tata kelola TBM Omah Buku serta kuas media sosial. Kata Kunci: Minat Baca, Strategi, Sistem Sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Astri Hanjarwati, S. Sos., M.A.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Minat Baca, Strategi, Sistem Sosial.
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 05 Jun 2020 13:53
Last Modified: 05 Jun 2020 14:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37782

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum