RELIGIUSITAS PADA KALANGAN REMAJA ISLAM MASJID MANGKUBUMI (RISMABUMI) PILAHAN RW 11 REJOWINANGUN KOTAGEDE YOGYAKARTA

MIFTAKHUROHMAN, NIM. 12520008 (2019) RELIGIUSITAS PADA KALANGAN REMAJA ISLAM MASJID MANGKUBUMI (RISMABUMI) PILAHAN RW 11 REJOWINANGUN KOTAGEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (RELIGIUSITAS PADA KALANGAN REMAJA ISLAM MASJID MANGKUBUMI (RISMABUMI) PILAHAN RW 11 REJOWINANGUN KOTAGEDE YOGYAKARTA)
12520008_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (RELIGIUSITAS PADA KALANGAN REMAJA ISLAM MASJID MANGKUBUMI (RISMABUMI) PILAHAN RW 11 REJOWINANGUN KOTAGEDE YOGYAKARTA)
12520008_BAB-II_sampai_BAB-IV_.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Membahas kehidupan remaja merupakan hal yang menarik. Banyak pemberitaan terkait dengan remaja baik itu yang bersifat positif seperti prestasi dalam bidang olahraga hingga hal yang bersifat negatif seperti tawuran antar remaja hingga penggunaan obat terlarang. Dalam hal religiusitas atau sikap keagamaanpun para remaja belum mempunyai tingkat kematangan beragama yang baik. Dengan melihat fenomena tersebut penulis mencoba melakukan penelitian terkait religiusitas atau sikap keberagamaan para remaja. Dalam penelitian ini penulis mengambil lokasi penelitian di Masjid Mangkubumi Pilahan RW 11, Kelurahan Rejowinangun, Kecamatan Kotagede, Kota Yogyakarta. Dalam penelitian ini peneliti meneliti para Remaja Islam Masjid Mangkubumi ( RISMABUMI ). Ketertarikan peneliti meneliti remaja RISMABUMI bukan karena terlibatnya remaja pada kasus-kasus kenakalan seperti tawuran yang terjadi belakangan ini melainkan kebiasaan mereka yang mengalami perubahan dari masa ke masa, dimana pada masa-masa sebelumnya pada generasi remaja lama tergolong aktif memakmurkan masjid namun pada masa generasi remaja saat ini ada penurunan dalam hal memakmurkan masjid. Penelitian ini terfokus pada dua rumusan masalah. Pertama, bagaimana religiusitas Remaja Masjid Mangkubumi dan kedua, faktor-faktor apa yang menyebabkan tingkat religiusitas remaja tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data diskriptif-kualitatif dengan prosedur reduksi data, penyajian data serta verifikasi analisis data dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teori lima dimensi keagamaan Glock and Stark yang digunakan sebagai teori analisis dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam ranah ideologis atau keyakinan para remaja menyatakan agama penting bagi kehidupan. Namun dalam hal ritual dan komitmen pada afiliasi organisasi keagamaan mereka cenderung tidak tertarik. Mereka lebih cenderung nyaman dengan pola keagamaan yang sedikit longgar dalam artian lebih pada sikap spiritual daripada ritual. Dalam hal tingkat pengetahuan keagamaan para remaja Rismabumi tidak berbanding lurus dengan tingkat pengetahuan. Dalam artian tingkat pengetahuan yang didapat dari sekolah tidak berbanding sama dengan tingkat keyakinan remaja. Terkait dengan pentingkah tempat ibadah (masjid) bagi remaja Rismabumi ? dari hasil penelitian, mereka menyatakan penting. Hanya saja bagi mereka tempat ibadah (masjid) agar lebih diperluas fungsinya bukan sekedar tempat ibadah ritual tetapi juga sebagai tempat bersosial dan mengakomodir bakat para remaja. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat keberagamaan remaja yaitu faktor sosial, faktor emosional dalam keagamaan dan faktor alami dalam agama. Kata Kunci : Remaja, Religiusitas, Masjid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Dian Nur Anna, S.Ag., MA.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Remaja, Religiusitas, Masjid
Subjects: Agama (Religion)
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama Agama (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Jul 2020 09:10
Last Modified: 03 Jul 2020 09:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37929

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum