PERANAN PENDIDIKAN PEMAKAI DALAM PENELUSURAN INFORMASI BAGI MAHASISWA PENYANDANG DISABILITAS DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Wiwit Widi Rahayu, NIM. 15140006 (2019) PERANAN PENDIDIKAN PEMAKAI DALAM PENELUSURAN INFORMASI BAGI MAHASISWA PENYANDANG DISABILITAS DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PERANAN PENDIDIKAN PEMAKAI DALAM PENELUSURAN INFORMASI BAGI MAHASISWA PENYANDANG DISABILITAS DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
15140006_BAB-I_VI-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PERANAN PENDIDIKAN PEMAKAI DALAM PENELUSURAN INFORMASI BAGI MAHASISWA PENYANDANG DISABILITAS DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
15140006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini membahas Peranan Pendidikan Pemakai dalam Penelusuran Informasi bagi Mahasiswa Penyandang Disabilitas di Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan pemakai perpustakaan terhadap mahasiswa penyandang disabilitas di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, kemudian untuk mengetahui peranan pendidikan pemakai dalam penelusuran informasi bagi mahasiswa penyandang disabilitas di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data penelitian ini menggunakan teori Milles dan Huberman yaitu dengan tiga langkah, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Uji keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan data triangulation. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) Implementasi pendidikan pemakai Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dilaksanakan dengan durasi kurang lebih tiga jam dengan materi meliputi pengenalan tentang Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga, fasilitas, layanan, dan pengenalan cara-cara penelusuran informasi di perpustakaan. Metode pendidikan pemakai yang digunakan yaitu presentasi dan wisata perpustakaan, serta metode tambahan seperti game dan metode buku panduan. Dalam kegiatan ini pustakawan berperan menjadi pemateri dan fasilitator dengan dibantu oleh relawan. 2) Pendidikan pemakai memiliki peranan yang penting dalam praktek penelusuran informasi mahasiswa penyandang disabilitas dalam mencari sumber informasi di perpustakaan dengan efektif dan efisien baik menggunakan penelusuran informasi konvensional maupun penelusuran informasi digital/ elektronik, hal ini dapat dilihat dari keterampilan mahasiswa penyandang disabilitas dalam melakukan penelusuran informasi sebelum dan setelah mngikuti kegiatan pendidikan pemakai. Saran dalam penelitian ini, untuk mahasiswa penyandang disabilitas sebaiknya ditempatkan di barisan terdepan ketika penyampaian materi berlangsung, untuk buku panduan perpustakaan sebaiknya disediakan e-book untuk mahasiswa tunanetra, dan perpustakaan sebaiknya memperbanyak koleksi dalam bentuk e-book. Kata kunci : Peranan, Pendidikan pemakai, Penelusuran informasi, Mahasiswa penyandang disabilitas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Tafrikhuddin, S.Ag., M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Peranan, Pendidikan pemakai, Penelusuran informasi, Mahasiswa penyandang disabilitas
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Ilmu Perpustakaan dan Informasi
DISABILITAS
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 08 Jul 2020 10:00
Last Modified: 08 Jul 2020 10:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38029

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum