EVALUASI KEPUASAN PEMUSTAKA TERHADAP OPAC SLiMS 7 CENDANA DI PERPUSTAKAAN MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 KULON PROGO MENGGUNAKAN METODE END-USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS)

Anggar Sari Sintiawati, NIM. 15140021 (2019) EVALUASI KEPUASAN PEMUSTAKA TERHADAP OPAC SLiMS 7 CENDANA DI PERPUSTAKAAN MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 KULON PROGO MENGGUNAKAN METODE END-USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (EVALUASI KEPUASAN PEMUSTAKA TERHADAP OPAC SLiMS 7 CENDANA DI PERPUSTAKAAN MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 KULON PROGO MENGGUNAKAN METODE END-USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS))
15140021_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EVALUASI KEPUASAN PEMUSTAKA TERHADAP OPAC SLiMS 7 CENDANA DI PERPUSTAKAAN MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 KULON PROGO MENGGUNAKAN METODE END-USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS))
15140021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pemustaka terhadap OPAC SLiMS 7 Cendana di Perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri 2 Kulon Progo menggunakan metode EUCS. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah pemustaka Perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri 2 Kulon Progo yang pernah menggunakan layanan OPAC. Objek penelitian adalah kepuasan pemustaka terhadap OPAC, populasi penelitian adalah anggota perpustakaan yang berjumlah 629 orang sedangkan sampelnya diperoleh dengan menggunakan rumus Slovin menjadi 86 orang. Teknik sampling yang digunakan yaitu accidental sampling.Variabel dalam penelitian ini berjumlah satu yaitu kepuasan pemustaka. Instrumen penelitian menggunakan metode EUCS serta menggunakan 4 alternatif jawaban dari Likert. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, kuesioner dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan dua yaitu uji validitas kuesioner dengan Product Moment SPSS 20 dan uji reliabilitas dengan Alpha Cronbach menggunakan SPSS 20. Hasil uji validitas didapatkan 22 butir soal pernyataan dinyatakan valid dan untuk uji reliabilitas sebesar 0,861. Analisis data menggunakan mean dan grand mean dengan hasil untuk variabel isi (content) sebesar 3,30 dikategorikan sangat baik, akurasi (accuracy) sebesar 3,22 dikategorikan baik, bentuk (format) sebesar 3,25 dikategorikan sangat baik, kemudahan (ease of use) sebesar 3,24 dikategorikan baik dan waktu (timeliness) sebesar 3,26 dikategorikan sangat baik dengan nilai rata-rata total sebesar 3,254 sehingga dikategorikan sangat baik. Saran untuk pustakawan dapat menambahkan gambar sampul untuk memudahkan pencarian dan dapat memberi bimbingan pemakai cara menggunakan OPAC yang baik serta menyiapkan komputer dan jaringan yang lebih baik untuk semakin memudahkan akses pemustaka

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Marwiyah, S.Ag, SS, M.LIS.
Uncontrolled Keywords: OPAC, Kepuasan Pemustaka, Perpustakaan Sekolah, EUCS
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 06 Feb 2020 10:11
Last Modified: 06 Feb 2020 10:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38034

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum