KONSELING KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PASCA TINGGAL KELAS SMK NEGERI 5 YOGYAKARTA

Umi Amaliyah, NIM. 15220051 (2019) KONSELING KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PASCA TINGGAL KELAS SMK NEGERI 5 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KONSELING KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PASCA TINGGAL KELAS SMK NEGERI 5 YOGYAKARTA)
15220051_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (KONSELING KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PASCA TINGGAL KELAS SMK NEGERI 5 YOGYAKARTA)
15220051_BAB-II_SAMPAI-SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Umi Amaliyah (NIM 15220051). Konseling Kelompok dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pasca Tinggal Kelas SMK Negeri 5 Yogyakarta, Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya siswa yang menurunnya motivasi belajar dikarenakan putusan tinggal kelas. Layanan konseling kelompok merupakan salah satu cara guru bimbingan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pasca tinggal kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tahap-tahap konseling kelompok dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pasca tinggal kelas SMK Negeri 5 Yogyakarta. Kemudian, penelitian ini berfokus kepada tahap-tahap konseling kelompok dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pasca tinggal kelas SMK Negeri 5 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah satu guru bimbingan konseling dan empat siswa pasca tinggal kelas. Sedangkan yang menjadi obyek dalam penelitian ini adalah tahap-tahap konseling kelompok dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pasca tinggal kelas SMK Negeri 5 Yogyakarta. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun ana lisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dimana data yang telah terkumpul disusun dan diklarifikasi sehingga dapat menjawab rumusan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pasca tinggal kelas SMK Negeri 5 Yogyakarta dengan tahap-tahap yaitu: tahap pra konseling, tahap pembukaan, tahap peralihan, tahap kerja (tahap inti), tahap pengakhiran, dan tahap tindak lanjut dan evaluasi konseling. Kata kunci : Konseling Kelompok, Motivasi Belajar, Tinggal Kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Muhsin Kalida, S.Ag., MA.,
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok, Motivasi Belajar, Tinggal Kelas.
Subjects: Bimbingan Konseling
Psikologi > Motivasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 09 Jul 2020 09:44
Last Modified: 09 Jul 2020 09:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38077

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum