STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) MELALUI SITUS JUAL BELI ONLINE BUKALAPAK.COM

Zainuddin, NIM 13230048 (2019) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) MELALUI SITUS JUAL BELI ONLINE BUKALAPAK.COM. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) MELALUI SITUS JUAL BELI ONLINE BUKALAPAK.COM)
13230048_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) MELALUI SITUS JUAL BELI ONLINE BUKALAPAK.COM)
13230048_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Strategi Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Melalui Situs Jual Beli Online Bukalapak.com” yang menjelaskan cara-cara yang dilakukan Bukalapak dalam memajukan usaha kecil menengah yang keberadaannya harus dilindungi dari persaingan-persaingan tidak sehat. Hal ini dikarenakan UKM merupakan sektor yang dianggap efektif dalam pengentasan kemiskinan karena jumlahnya terbesar di antara sektor usaha lainnya. Adapun model penelitian ini adalah deskriftif kualitatif yang dalam hal ini peneliti melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi yang mengulas beragam strategi Bukalapak dalam mengembangkan UKM di Indonesia. Data-data yang digunakan untuk menunjang kelengkapan penelitian ini adalah situs jual beli online Bukalapak.com, website Komunitas Bukalapak, buku referensi, pengelola Komunitas Bukalapak Yogyakarta, pelapak di berbagai daerah, dan beberapa media elektronik terpercaya. Dalam mengenalis data, penelitian ini menggunakan teori Milles dan Huberman yaitu menganalisis dengan tiga alur secara bersamaan yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan untuk memperoleh hasil. Dalam konteks ini, peneliti menemukan dampak atau hasil dari pengembangan UKM yang dilakukan oleh Bukalapak melalui situs jual beli onlinenya yaitu memenuhi kebutuhan dasar, menjangkau sumber-sumber produktif, menumbuhkan usaha baru, meningkatkan ekonomi masyarakat, dan berpatisipasi dalam proses pembangunan secara nasional. Kata kunci : Strategi, Pengembangan UKM, Bukalapak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: M. Fajrul Munawir, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: M. Fajrul Munawir, M.Ag.
Subjects: Ekonomi Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Jul 2020 11:28
Last Modified: 16 Jul 2020 11:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38152

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum