ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI UPAH MINIMUM REGIONAL DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 1987-2018

ACHMAD MUCHASSIN, NIM. 13810003 (2019) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI UPAH MINIMUM REGIONAL DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 1987-2018. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI UPAH MINIMUM REGIONAL DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 1987-2018)
13810003_BAB I_BAB V_DAPUS.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI UPAH MINIMUM REGIONAL DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 1987-2018)
13810003_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi Upah Minimum Regional di Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 1987-2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan data sekunder. Data yang digunakan bersumber dari Badan Pusat Statistik (BPS), Dapoer Indo, Bank Indonesia, dan Lembaga-lembaga Pemerintah Daerah yang menyediakan data terkait. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi data runtut waktu (time series) menggunakan alat analisis Error Correction Models (ECM) dengan program EVIEWS versi 8. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Upah Minimum Regional di Daerah Istimewa Yogyakarta di bawah nilai rata-rata Upah Minimum Propinsi Nasional; 2) Merupakan Propinsi yang memiliki nilai upah minimum terkecil di Indonesia beberapa tahun terakhir; 3) Variabel Inflasi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap penetapan Upah Minimum Regional; 4) Variabel Produk Domestik Regional Bruto tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Upah Minimum Regional; 5) Variabel Penduduk berpengaruh positif dan signifikan terhadap penetapan Upah Minimum Regional; 6) Variabel pengangguran dalam jangka panjang berpengaruh negatif dan signifikan terhadap penetapan Upah Minimum Regional; 7) Kontribusi seluruh variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 91.88%. Sisanya sebesar 8.12% dijelaskan oleh variabel lain di luar model. Kata Kunci: Inflasi, Produk Domestik Regional Bruto, Penduduk, Pengangguran, Upah Minimum Regional

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: MUHAMMAD GHAFUR WIBOWO, S.E., M.Sc
Uncontrolled Keywords: Inflasi, Produk Domestik Regional Bruto, Penduduk, Pengangguran, Upah Minimum Regional
Subjects: Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Jul 2020 09:57
Last Modified: 20 Jul 2020 09:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38175

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum