PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KERJASAMA SISWA KELAS X MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

Nani Rohayani, NIM. 15680057 (0019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KERJASAMA SISWA KELAS X MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KERJASAMA SISWA KELAS X MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN)
15680057_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KERJASAMA SISWA KELAS X MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN)
15680057_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran CPS (Creative Problem Solving) pada materi pencemaran lingkungan terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dan kerjasama siswa. Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian Quasi Eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent control group design. Terdiri dari tahapan analisis kebutuhan di sekolah SMAN 1 Sewon berupa observasi dengan dan wawancara. Instrumen pengambilan data berupa lembar observasi dan soal pretest posttest. Menerapkan model pembelajaran yang inovatif yaitu Creative Problem Solving untuk melihat pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dan kerjasama siswa. Hasil penelitian ini berupa Model pembelajaran Creative Problem Solving berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Hal ini ditunjukkan dan dibuktikan dengan hasil analisis menggunakan uji independent sample t-test sebesar 0,613>0,05 maka Ho diterima dan Ha ditolak. Namun kenyataanya, hasil rerata posttest kemampuan berpikir kreatif siswa memiliki perbedaan. Model pembelajaran Creative Problem Solving berpengaruh terhadap kerjasama siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai sig.(2 –tailed) dari uji Mann Whitney>0,05 yaitu sebesar 0,021. maka Ho diterima dan Ha ditolak. Namun kenyataanya, hasil rerata kerjasama siswa memiliki perbedaan Artinya ada pengaruh dari penggunaan model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap kerjasama siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Annisa Firanti, S.Pd.Si., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran CPS (Creative Problem Solving), Kemampuan Berpikir Kreatif, Kemampuan Kerjasama
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Sep 2020 13:10
Last Modified: 02 Sep 2020 13:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38321

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum