ANALISIS PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PENDIDIKAN INKLUSIF (Studi Kasus pada Mahasiswa Pendidikan Kimia UIN Sunan Kalijaga)

Nur Indah Nugraheni, NIM 15670028 (0019) ANALISIS PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PENDIDIKAN INKLUSIF (Studi Kasus pada Mahasiswa Pendidikan Kimia UIN Sunan Kalijaga). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PENDIDIKAN INKLUSIF (Studi Kasus pada Mahasiswa Pendidikan Kimia UIN Sunan Kalijaga))
15670028_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PENDIDIKAN INKLUSIF (Studi Kasus pada Mahasiswa Pendidikan Kimia UIN Sunan Kalijaga))
15670028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Mahasiswa kependidikan merupakan mahasiswa yang dipersiapkan sebagai calon pendidik. Salah satunya adalah mahasiswa pendidikan kimia yang dipersiapkan sebagai calon guru kimia. Mahasiswa pendidikan kimia hendaknya memiliki pemahaman yang komprehensif terkait pendidikan inklusif karena fakta dilapangan memperlihatkan tidak ada siswa yang sempurna. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengidentifikasi persepsi mahasiswa pendidikan kimia UIN Sunan Kalijaga tentang pendidikan inklusif, menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi mahasiswa, dan merumuskan model matematis untuk persepsi mahasiswa tentang pendidikan inklusif. Kajian identifikasi persepsi mahasiswa tentang pendidikan inklusif dilakukan dengan metode survei, instrumen yang digunakan adalah kuisioner, serta teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Analisis faktor yang mempengaruhi persepsi mahasiswa tentang pendidikan inklusif dilakukan dengan metode survei, instrumen yang digunakan adalah kuisioner, serta teknik analisis data dengan kategorisasi. Merumuskan model matematis untuk persepsi mahasiswa tentang pendidikan inklusif berdasarkan faktor yang mempengaruhi dilakukan dengan metode statistika regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa pendidikan kimia UIN Sunan Kalijaga memiliki persepsi sedang tentang pendidikan inklusif sebesar 39,09% dengan mean 111,26. Berdasarkan hasil penelitian, faktor internal yang berpengaruh terhadap persepsi mahasiswa adalah aspek pengetahuan. Sedangkan faktor eksternal yang berpengaruh terhadap persepsi mahasiswa adalah aspek kerjasama. Berdasarkan analisis yang dilakukan, model matematis yang sesuai dengan faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi mahasiswa tentang pendidikan inklusif dirumuskan sebagai Y = 8,202 + 3,696X1 + 4,201X2

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Liana Aisyah, S.Si., M.A.,
Uncontrolled Keywords: persepsi, mahasiswa pendidikan kimia, UIN Sunan Kalijaga, faktor internal, faktor eksternal
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 10 Sep 2020 13:38
Last Modified: 10 Sep 2020 13:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38375

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum