KONSEP NILAI PENDIDIKAN ISLAM MENURUT BUYA HAMKA (Telaah Buku Tasawuf Modern Karya Buya Hamka)

Luvia Dwi Arianti, NIM : 15410078 (2019) KONSEP NILAI PENDIDIKAN ISLAM MENURUT BUYA HAMKA (Telaah Buku Tasawuf Modern Karya Buya Hamka). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KONSEP NILAI PENDIDIKAN ISLAM MENURUT BUYA HAMKA (Telaah Buku Tasawuf Modern Karya Buya Hamka))
15410078_ BAB I_ IV_DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (KONSEP NILAI PENDIDIKAN ISLAM MENURUT BUYA HAMKA (Telaah Buku Tasawuf Modern Karya Buya Hamka))
15410078_BAB II_III .pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK LUVIA DWI ARIANTI, 15410078. Konsep Nilai Pendidikan Islam Menurut Buya Hamka (Telaah Buku Tasawuf Modern Karya Buya Hamka). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2019. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa hakikatnya manusia adalah suatu makhluk yang diciptakan dengan adanya rasa spiritual, karena manusia adalah kesatuan wujud Tuhan atau cerminan Tuhan yang memiliki kebutuhan hidup, dan ketentraman lahir batin. Terkadang manusia merasakan kehampaan, kegelisahan, kesedihan. Dan ini semua hal lumrah yang terjadi di kalangan hidup manusia. Jika dilihat dari realita kehidupan di era modern ini adalah suatu permasalahan yang berakar, beranak pinak, bahkan bercabang. Problematika yang muncul di lingkungan masyarakat disebabkan berbagai macam masalah dan ujian yang sering datang silih berganti kemudian timbul muncul berbagai persepsi dan menyalahkan atas dirinya sendiri, keluarga, orang lain, bahkan menyalahkan Tuhannya sendiri. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep nilai pendidikan Islam menurut buya Hamka yang terdapat dalam buku Tasawuf Modern yang semoga kemudian akan menjadi obat keresahan suatu permasalahan di era modern ini. Ditinjau dari jenisnya, penelitian ini termasuk dalam penelitian pustaka (Library Research) yang objeknya adalah buku Tasawuf Modern karya Buya Hamka. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan filosofis. Sedangkan pengumpulan datanya dilakukan dengan cara dokumentasi dan analisis datanya menggunakan analisis isi (Content Analysis). Adapun yang menjadi sumber primer dalam penulisan ini adalah buku karangan buya Hamka yang berjudul Tasawuf Modern dan sumber sekunder adalah Lembaga Hidup, di Bawah Lindungan Ka‟bah, Renungan Ka‟bah, dan buku buku lain yang sesuai dengan pembahasan yang berhubungan dengan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan konsep nilai pendidikan Islam menurut buya Hamka di dalam buku Tasawuf Modern yaitu terdapat empat nilai: 1) nilai pendidikan keimanan (akidah), 2) nilai pendidikan akhlak, 3) nilai pendidikan ibadah (spiritual), 4) nilai pendidikan sosial. Dan relevansinya dengan kehidupan saat ini yaitu bukanlah kebahagiaan itu pada pengumpulan harta benda, tetapi taqwa pada Allah itulah bahagia. Dengan taqwa akan Allah itulah bekal yang sebaik-baiknya disimpan, dan pada sisi Allah sajalah kebahagiaan para orang yang taqwa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Ahmad Hanany Naseh, M.A,
Uncontrolled Keywords: Konsep nilai pendidikan Islam, Tasawuf Modern.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
TASAWUF
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 18 Sep 2020 10:40
Last Modified: 18 Sep 2020 10:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38470

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum