IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI KEGIATAN BPI (BINA PRIBADI ISLAM) PADA PESERTA DIDIK KELAS ATAS DI SDIT LUQMAN AL HAKIM YOGYAKARTA

An Nisaa Damayanti, 14480068 (2019) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI KEGIATAN BPI (BINA PRIBADI ISLAM) PADA PESERTA DIDIK KELAS ATAS DI SDIT LUQMAN AL HAKIM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI KEGIATAN BPI (BINA PRIBADI ISLAM) PADA PESERTA DIDIK KELAS ATAS DI SDIT LUQMAN AL HAKIM YOGYAKARTA)
14480068_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI KEGIATAN BPI (BINA PRIBADI ISLAM) PADA PESERTA DIDIK KELAS ATAS DI SDIT LUQMAN AL HAKIM YOGYAKARTA)
14480068_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK An Nisa Damayanti, “Implementasi Pendidikan Karakter Religius Melalui Kegiatan BPI (Bina Pribadi Islam) Pada Peserta Didik Kelas Atas di SD IT Luqman Al Hakim Yogyakarta”, Skripsi. Yogyakarta: Program Studi S1 Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2019. SDIT Luqman Al Hakim Yogyakarta memiliki program kegiatan bernama BPI (Bina Pribadi Islam) yang menjadi kekhasan JSIT (Jaringan Sekolah Islam Terpadu) dan program ini di anggap sebagai program yang efektif untuk proses penanaman Karakter Religius pada Peserta Didik. Target dari BPI (Bina Pribadi Islam) sesuai dengan yang tercantum pada SKL (Standar Kompetensi Lulusan) adalah Pertama, memiliki Akidah yang lurus. Kedua, melakukan ibadadah yang benar. Ketiga, berkepribadian matang dan berakhlak mulia. Keempat, menjadi Pribadi yang bersungguh-sungguh, disiplin, dan mampu menahan nafsunya. Kelima, memiliki kemampuan membaca, menghafal dan memahami Al Quran dengan baik. Keenam, memiliki wawasan yang luas, Ketujuh, memiliki keterampilan hidup. Adapun tujuan penelitian ini adalah : (1) Mendeskripsikan tentang proses pelaksanaan program BPI (Bina Pribadi Islam) guna menerapkan karakter religius pada Peserta Didik kelas atas di SDIT Luqman Al Hakim Yogyakarta. (2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan BPI (Bina Pribadi Islam) pada Peserta Didik kelas atas di SDIT Luqman Al Hakim Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Koordinator BPI, Guru PAI, Mentor BPI, peserta didik kelas IV dan V. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan non partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan/verifikasi. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian Implementasi Pendidikan Karakter Religius melalui kegiatan BPI (Bina Pribadi Islam) pada kelas atas di SD IT luqman Al Hakim adalah sebagai berikut (1) Deskripsi tentang proses pelaksanaan program BPI (Bina Pribadi Islam) meliputi pembukaan, tilawah/tahsin dan tadabbur, kultum, materi, evaluasi dan diskusi, istirahat (makan snack), penutup. (2) faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program BPI (Bina Pribadi Islam) terdiri dari beberapa hal. Faktor pendukung dukungan Yayasan dan Sekolah serta orang tua wali, minat peserta didik, fasilitas yang memadai dan SDM (Sumber Daya Manusia) yang memadai serta kompeten. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu waktu yang terbatas dan kekosongan pembina.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Luluk Maulu‘ah, M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Implementasi, BPI, Karakter Religius.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Oct 2020 08:33
Last Modified: 02 Oct 2020 08:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38534

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum