KESALAHAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL MATEMATIKA MATERI KONVERSI SATUAN KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH KECAMATAN SEWON

Barik Min Amalina, 15480013 (2019) KESALAHAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL MATEMATIKA MATERI KONVERSI SATUAN KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH KECAMATAN SEWON. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KESALAHAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL MATEMATIKA MATERI KONVERSI SATUAN KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH KECAMATAN SEWON)
15480013_BAB_I_V_DAFTAR-PUSTAKA_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (KESALAHAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL MATEMATIKA MATERI KONVERSI SATUAN KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH KECAMATAN SEWON)
15480013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Barik Min Amalina, “Kesalahan Siswa dalam Mengerjakan Soal Matematika Materi Konversi Satuan Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Sewon”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguran UIN Sunan Kalijaga, 2019 Tujuan penelitian ini adalan untuk mengetahui apa sajakah jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal matematika materi konversi satuan dan bagaimana frekuensi tiap jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal matematika materi konversi satuan di kelas V MI se- Kecamatan Sewon. Peneliti berharap dengan adanya penelitian ini mampu memberikan informasi kepada pendidik perihal kesalahan-kesalahan siswa dalam mengerjakan soal matematika materi konversi satuan sebagai acuan tindakan untuk mengatasinya. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa metode tes dan wawancara. Tes terdiri dari 15 soal berbentuk uraian yang dikerjakan oleh semua siswa kelas V MI Kecamatan Sewon. Hasil dari pekerjaan siswa akan dianalisis menggunakan teknik analisis data model alir yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Peneliti mengelompkkan hasil pekerjaan siswa sesuai dengan kriteria jenis kesalahan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat tiga jenis kesalahan yang dilakukan siswa kelas V dalam mengerjakan soal materi konversi satuan yaitu: (1) kesalahan konseptual terdapat 35 % dari 64 siswa yang melakukan kesalahan, kesalahan yang dilakukan siswa adalah siswa salah dalam mengonversi satuan dan tidak memahami maksud soal sehingga menggunakan rumus yang belum tepat, (2) kesalahan komputasi terdapat 40% dari 64 siswa yang melakukan kesalahan, kesalahan yang dilakukan adalah kesalahan dalam operasi hitung penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian, (3) kesalahan ceroboh terdapat 25% yang melakukan kesalahan dari 64 siswa, kesalahan yang dilakukan adalah siswa salah dalam memperoleh informasi, kesalahan dalam memasukkan data dan kesalahan dalam memahami simbol. Kata kunci: Analisis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Izzatin Kamala, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Analisis kesalahan, konversi satuan, jenis kesalahan
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Oct 2020 08:37
Last Modified: 02 Oct 2020 08:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38538

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum