EKSTRAKURIKULER KALIGRAFI SEBAGAI SARANA PENGEMBANGAN KREATIVITAS SISWA DI KELAS V MIN 1 SLEMAN

Silvia Fitri Indrianti Rkmn, 15480080 (2019) EKSTRAKURIKULER KALIGRAFI SEBAGAI SARANA PENGEMBANGAN KREATIVITAS SISWA DI KELAS V MIN 1 SLEMAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (EKSTRAKURIKULER KALIGRAFI SEBAGAI SARANA PENGEMBANGAN KREATIVITAS SISWA DI KELAS V MIN 1 SLEMAN)
15480080_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (EKSTRAKURIKULER KALIGRAFI SEBAGAI SARANA PENGEMBANGAN KREATIVITAS SISWA DI KELAS V MIN 1 SLEMAN)
15480080_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Silvia Fitri Indrianti Rkmn,”Ekstrakurikuler Kaligrafi Sebagai Sarana Pengembangan Kreativitas Siswa di Kelas V MIN 1 Sleman”, Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2019. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa adanya siswa yang menjuarai lomba kaligrafi, akan tetapi tanpa ada guru pembimbing, siswa yang menjuari lomba kaligrafi belajar dari sanggar luar, maka dari itu perlu adanya suatu cara bagaimana agar kreativitas siswa itu meningkat. Madrasah mengadakan ekstrakurikuler kaligrafi dengan tujuan untuk mengembangkan bakat dan minat juga sebagai sarana pengembangan kreativitas siswa. Dari sini peneliti tertarik untuk melakukan penelitian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) untuk mengetahui pelaksanaan ekstrakurikuler kaligrafi di kelas V MIN 1 Sleman, 2) untuk mengetahui proses pengembangan kreativitas siswa melalui ekstrakurikuler kaligrafi di kelas V MIN 1 Sleman, 3) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi ekstrakulikuler kaligrafi dalam mengembangkan kreativitas siswa di kelas V MIN 1 Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu penelitian untuk mendapatkan deskripsi tentang ekstrakurikuler kaligrafi sebagai sarana pengembangan kreaivitas siswa di kelas V MIN 1 Sleman. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, teknik observasi partisipasi pasif, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah: 1) pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler kaligrafi di kelas V MIN 1 Sleman dilaksanakan di luar jam pelajaran pada hari senin pada pukul 12.30 WIB – 14.00 WIB. Adapun runtutan kegiatan setiap pertemuan adalah salam, pembukaan, pemberian materi, dan penutup. Adanya ekstrakurikuler kaligrafi untuk membantu siswa mengembangkan bakat dan minat dalam menulis tulisan Arab serta mengembangkan kreativitas siswa. 2) proses pengembangan kreativitas siswa melalui ekstrakurikuler kaligrafi di kelas V MIN 1 Sleman, guru pembimbing memberikan waktu kepada siswa untuk mengeksplor kreativitasnya. Guru pembimbing memberikan materi dengan mencontohkan di papan tulis kemudian siswa menyalin kembali di buku gambarnya. 3) faktor pendukung dalam kegiatan ekstrakurikuler kaligrafi di kelas V meliputi MIN 1 Sleman yang memfasilitasi kegiatan ekstrakurikuler kaligrafi, kemauan siswa untuk mengikuti kaligrafi, memiliki jiwa seni, senang menggambar, guru pembimbing. Sedangkan faktor penghambat dalam kegiatan ekstrakurikuler kaligrafi di kelas V meliputi kemampuan siswa untuk menulis, waktu, sarana dan prasarana belum memadai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Lailatu Rohmah, M. S.I.,
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler, Kaligrafi, Kreativitas
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Oct 2020 08:53
Last Modified: 02 Oct 2020 08:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38545

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum