HASIL KEPUTUSAN BAHTSUL MASA’IL LBM-NU PWNU JAWA TENGAH TENTANG PENGHARAMAN IZIN PENDIRIAN TOKO MODERN BERJEJARING

SIFAUL AMIN, 17203010056 (2019) HASIL KEPUTUSAN BAHTSUL MASA’IL LBM-NU PWNU JAWA TENGAH TENTANG PENGHARAMAN IZIN PENDIRIAN TOKO MODERN BERJEJARING. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (HASIL KEPUTUSAN BAHTSUL MASA’IL LBM-NU PWNU JAWA TENGAH TENTANG PENGHARAMAN IZIN PENDIRIAN TOKO MODERN BERJEJARING)
17203010056_BAB-1_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (HASIL KEPUTUSAN BAHTSUL MASA’IL LBM-NU PWNU JAWA TENGAH TENTANG PENGHARAMAN IZIN PENDIRIAN TOKO MODERN BERJEJARING)
17203010056_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Hasil keputusan bahtsul masa‟il LBM-NU PWNU Jawa Tengah tentang pengharaman izin pendirian toko modern berjejaring menggelitik untuk dikaji. Toko modern berjejaring merupakan hal baru yang terjadi pada masa ini, akan tetapi oleh LBM-NU Jawa Tengah penetapan hukumnya berdasarkan kitab-kitab kuning (turats) yang dari sisi usia sudah ratusan tahun. Toko modern berjejaring juga merupakan persoalan dalam lingkup muamalah, tetapi penetapan hukumnya sebagian besar berdasarkan dalil-dalil yang berorientasi dalam lingkup siyasah. Fokus penelitian ini adalah pada metode yang digunakan oleh LBM-NU PWNU Jawa Tengah dalam istinbath (penggalian dan penetapan) hukum yang diharapkan dapat menjawab permasalahan mengenai penyebab keluarnya hasil keputusan bahtsul masa‟il dan metode yang digunakan dalam penetapan hukum. Penelitian ini adalah penelitian pustaka dengan pendekatan ushul fiqh. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori mashlahah dan teori yang ada dalam ushul fiqh. Teori mashlahah dan teori dalam ushul fiqh mengenai dlarar dan mafsadah digunakan untuk menganalisis pengaruh dan dampak adanya toko modern berjejaring. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil keputusan bahtsul masa‟il tentang pengharaman izin pendirian toko modern berjejaring muncul akibat adanya 2 (dua) faktor, yaitu faktor sosiologis dan faktor ekonomi. Metode yang digunakan dalam penetapan hukum (istinbath) adalah campuran metode manhajiy dan metode ilhaqiy, akan tetapi inkonsistensi dalam penggunaannya. Keinkonsistensiannya terletak pada tidak mengikuti dan tidak dilakukannya penelurusan secara hierarkis prosedur istinbath hukum mazhab empat secara terpisah. Kekuatan dalil yang dijadikan dasar dalam penetapan hukum sebagian besar lemah dan tidak relevan. Kelemahan dalil berupa penggunaan dalil yang bersifat umum untuk menetapkan hukum permasalahan yang bersifat khusus. Ketidakrelevanan dalil berupa penggunaan dalil yang tidak sesuai pada pokok bahasan berupa dalil yang bersubstansi fiqh siyasah digunakan untuk menetapkan hukum dalam bidang fiqh muamalah

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. ALI SODIQIN, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Bahtsul masa‟il, penetapan hukum, toko modern berjejaring.
Subjects: Hukum Islam > Ekonomi - Masalah Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-2)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Oct 2020 09:09
Last Modified: 20 Oct 2020 09:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38674

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum