EVALUASI MODEL CIPP PADA PROGRAM DIKLAT GURU IGTKI-PGRI KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN 2018

REISKA PRIMANISA, NIM: 17204030037 (2019) EVALUASI MODEL CIPP PADA PROGRAM DIKLAT GURU IGTKI-PGRI KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN 2018. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (EVALUASI MODEL CIPP PADA PROGRAM DIKLAT GURU IGTKI-PGRI KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN 2018)
17204030037_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (EVALUASI MODEL CIPP PADA PROGRAM DIKLAT GURU IGTKI-PGRI KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN 2018)
17204030037_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Pemerintah telah berupaya untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesional yang dilakukan melalui Uji Kompetensi Guru (UKG) pada program Diklat Guru. Perlunya mengetahui landasan dasar dilakukannya program diklat guru guru IGTKI-PGRI Kota Bandar Lampung dan mengetahui gambaran umum Evaluasi program yang terpusat untuk pengambilan keputusan dengan dilakukan identifikasi empat unsur program yaitu konteks, masukan, proses, dan hasil atau CIPP. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Adapun metode pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara dan triangulasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Teknik yang digunakan dalam pengecekan keabsahan data penelitian ini dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, landasan dasar dilaksanakannya program diklat guru IGTKI-PGRI Kota Bandar Lampung berdasarkan Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru dan permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan kurikulum. Kedua, gambaran tentang evaluasi model CIPP dari segi Context, pelaksanaan program diklat guru Taman Kanak-Kanak menggunakan pola 60 JP untuk dua kelompok kompetensi. Pola tatap muka dan belajar mandiri bagi guru Taman Kanak-Kanak terdiri atas kegiatan In-1, kegiatan On, dan kegiatan In-2, dengan pola 20JP-30JP- 10JP (20-30-10). Jadwal kegiatan 1 hari pembukaan, 2 hari IN TM 1, 10 hari On Job, 1 hari IN TM 2, 2 hari post-test. Dari segi Input, penyediaan Instruktur Nasional, asesor, bahan, peserta. Dari segi Process, penyediaan Instruktur Nasional telah memenuhi kriteria untuk menyampaikan materi di kelas, hanya jumlah Instruktur Nasional kurang memenuhi jumlah kelas diklat yang banyak. Penyediaan bahan telah memenuhi kebutuhan peserta diklat, hanya pada penulisan dan pendistribusian sertifikat kurang maksimal sehingga terjadi beberapa masalah, seperti: ada sertifikat yang salah penulisan dan pengiriman sertifikat yang tidak sesuai. Dari segi Product, hasil penilaian sikap peserta diklat guru pada modul A dan modul C dengan nilai skor tertinggi dengan nilai rata-rata 97. Penilaian keterampilan peserta diklat guru pada modul A peserta dengan nilai skor tertinggi dengan nilai rata-rata 99,25 nilai rata-rata yang mereka dapatkan semuanya medapatkan predikat A (amat baik).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Muqowim, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Model CIPP, Program Diklat Guru, IGTKI-PGRI Kota Bandar Lampung
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Oct 2020 10:23
Last Modified: 21 Oct 2020 10:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38695

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum