MANAJEMEN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PAI DI MTs NEGERI LABORATORIUM UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

SRI INTAN WAHYUNI - NIM. 05470031, (2010) MANAJEMEN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PAI DI MTs NEGERI LABORATORIUM UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PAI DI MTs NEGERI LABORATORIUM UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (TAHUN PELAJARAN 2008/2009))
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PAI DI MTs NEGERI LABORATORIUM UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (TAHUN PELAJARAN 2008/2009))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis mengenai bagaimana implementasi manajemen kurikulum di MTs Negeri Laboratorium UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta serta mengetahui peranan manajemen kurikulum dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI di MTs Negeri Laboratorium UIN Sunan Kalijaga,Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pemikiran dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan menambah pengetahuan tentang manajemen kurikulum sebagai landasan dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran PAI di Madrasah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengambil latar MTs Negeri Laboratorium UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara/ interview, angket, observasi, dan dokumentasi.Analisis terhadap data yang telah diperoleh menggunakan metode deskriptif-analitik yakni menganalisis data yang telah diperoleh sesuai dengan data dari lapangan melalui perhitungan persentase. Sumber data pada penelitian diantaranya adalah Kepala Madrasah, wakil kepala bagian kurikulum, 4 guru PAI, dan 23 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Implementasi manajemen kurikulum di MTs Negeri Laboratorium UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta meliputi: landasan dan tujuan manajemen kurikulum yaitu KTSP dan Permendiknas tahun 2007, perencanaan kurikulum PAI yaitu penyusunan silabus dan RPP, pelaksanaan kurikulum PAI yaitu pada tingkat sekolah dan tingkat kelas yang dikembangkan oleh masing-masing guru PAI, dan penilaian kurikulum PAI yang dilakukan setelah proses belajar mengajar dan pada akhir semester melalui ujian akhir semester dan ujian nasional. (2) Manajemen kurikulum dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI dengan melihat beberapa prinsip diantaranya prinsip relevansi yaitu kurikulum memiliki keterkaitan dengan kebutuhan masyarakat, prinsip fleksibilitas yaitu program pembelajaran yang terencana dilaksanakan secara fleksibel selama proses belajar mengajar, prinsip kontinuitas yaitu pelaksanaan proses belajar mengajar dilakukan secara berkesinambungan, prinsip efisiensi yaitu proses belajar mengajar dilakukan sesuai dengan jadwal yang ditentukan, dan prinsip efektivitas yaitu manajemen kurikulum PAI yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian kurikulum dapat membawa hasil yang berguna bagi madrasah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Nurrohmah, MA
Uncontrolled Keywords: implementasi manajemen kurikulum, peningkatan mutu pembelajaran PAI
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 31 Aug 2012 18:35
Last Modified: 17 Mar 2017 13:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3871

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum