IMPLEMENTASI KURIKULUM MBS (Muhammadiyah Boarding School) DAN ISMUBA (Al-Islam, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab) DI SMA MUHAMMADIYAH 1 BANTUL

GITA KARUNIA WISTY, NIM : 17204010102 (2019) IMPLEMENTASI KURIKULUM MBS (Muhammadiyah Boarding School) DAN ISMUBA (Al-Islam, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab) DI SMA MUHAMMADIYAH 1 BANTUL. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI KURIKULUM MBS (Muhammadiyah Boarding School) DAN ISMUBA (Al-Islam, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab) DI SMA MUHAMMADIYAH 1 BANTUL)
17204010102_BAB-I_BAB IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI KURIKULUM MBS (Muhammadiyah Boarding School) DAN ISMUBA (Al-Islam, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab) DI SMA MUHAMMADIYAH 1 BANTUL)
17204010102_BAB-II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

SMA Muhammadiyah 1 Bantul memiliki program Muhammadiyah Boarding School (MBS) yang telah terdaftar sebagai pondok pesantren. Pesantren biasanya hanya mengajarkan ilmu dengan mata pelajaran kitab yang ditulis dalam bahasa Arab. Kurikulum yang digunakan dalam pembelajaran MBS harus didesain dan dikembangkan dari kurikulum PAI agar sesuai untuk di terapkan di MBS. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data : wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah kurikulum MBS diletakkan pada jam Ismuba guna mengganti materi Ismuba dengan materi pondok pesantren yang ada di MBS. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Implementasi kurikulum MBS dan Ismuba di SMA Muhammadiyah 1 Bantul berfokus pada materi pelajaran yang diajarkan dalam kelas. Kelebihan dari implementasi kurikulum ini siswa MBS mendapatkan materi yang seharusnya mereka dapatkan jika bersekolah di pondok pesantren. Kekurangan dari implementasi ini adalah cenderung terburu-buru dan tidak siap juga berdampak pada perbedaan pemahaman antara siswa MBS dan regular.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Suyadi, M.A.
Uncontrolled Keywords: Impelementasi Kurikulum, Kurikulum PAI, Muhammadiyah Boarding School
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Oct 2020 13:33
Last Modified: 21 Oct 2020 13:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38716

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum