PENGEMBANGAN KECERDASAN SPIRITUAL MELALUI PENGEMBANGAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PROGRAM MENTORING BILLINGUAL CLASS SYTEM (BCS) KEAGAMAAN DI MAN 2 KUDUS

Risky Aviv Nugroho, NIM. 17204010153 (2019) PENGEMBANGAN KECERDASAN SPIRITUAL MELALUI PENGEMBANGAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PROGRAM MENTORING BILLINGUAL CLASS SYTEM (BCS) KEAGAMAAN DI MAN 2 KUDUS. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN KECERDASAN SPIRITUAL MELALUI PENGEMBANGAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PROGRAM MENTORING BILLINGUAL CLASS SYTEM (BCS) KEAGAMAAN DI MAN 2 KUDUS)
17204010153_BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA,.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN KECERDASAN SPIRITUAL MELALUI PENGEMBANGAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PROGRAM MENTORING BILLINGUAL CLASS SYTEM (BCS) KEAGAMAAN DI MAN 2 KUDUS)
17204010153__BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pendidikan yang seharusnya mengembangkan kecerdasan peserta didik secara keseluruhan yaitu kognitif, emosi, dan spiritual. Nyatanya, banyak lembaga pendidikan yang hanya terfokus pada aspek kognitif saja dan kurang memperhatikan kecerdasan emosi serta kecerdasan spiritual. MAN 2 Kudus adalah salah satu lembaga pendidikan percontohan yang didalam pelaksanaannya mengembangkan ketiga kecerdasan secara proporsional. Penelitian ini difokuskan pada pengembangan kecerdasan spiritual melalui integrasi nilai-nilai PAI dan mentoring program BCS Keagamaan di MAN 2 Kudus. Ada dua sub fokus dalam penelitian ini, yaitu penerapan integrasi nilai-nilai PAI dan mentoring program BCS Keagamaan di MAN 2 Kudus dan kontribusinya terhadap pengembangan kecerdasan spiritual. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X, XI, dan XII Keagamaan, guru mentoring keagamaan, kepala program keagamaan, waka kurikulum dan kepala madrasah. Hasil penelitian ini menunjukkan : (1) Pengembangan nilai-nilai PAI dalam program mentoring keagamaan MAN 2 Kudus melalui tiga tahapan, yaitu: a. perencanaan, meliputi: Persiapan kurikulum, jadwal, dan guru mentoring keagamaan; b. pelaksanaan, berupa pengembangan nilai PAI secara langsung dan tidak langsung serta metode pembelajaran yang digunakan; c. evaluasi, meliputi: kegiatan PTS, PAS, dan penilaian selama proses pembelajaran melalui pengamatan oleh guru mentoring. (2) kontribusi pengembangan nilai-nilai PAI dalam program mentoring keagamaan terhadap pengembangan kecerdasan spiritual siswa adalah berkembangnya kecerdasan spiritual siswa keagamaan ditandai oleh : a. sikap fleksibel; b.tingkat kesadaran tinggi; c. mampu menghadapi penderitaan; d. mampu melampaui rasa sakit; e. kualitas hidup didasari oleh nilai-nilai; f. berfikir holistik dan mendalam; g. mandiri; h. menghormati orang lain; i. sabar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Suyadi, M.A.
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Spiritual, Nilai-nilai PAI, Mentoring Keagamaan.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Oct 2020 09:29
Last Modified: 23 Oct 2020 09:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38723

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum